Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Garut, Jawa Barat, melakukan penanganan cepat dengan mengevakuasi seorang perempuan lanjut usia (lansia) warga Kecamatan Selaawi diduga menderita tumor yang membesar hampir menutupi sebagian wajahnya untuk mendapatkan penanganan medis yang biayanya ditanggung oleh pemerintah.

"Kami sudah jemput beliau, dan sekarang sudah ditangani oleh Dinsos untuk dilakukan pengobatan yang ditanggung oleh pemerintah daerah, dan pemerintah provinsi," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial pada Dinsos Kabupaten Garut Galih Mawariz saat dihubungi melalui telepon seluler, Kamis.

Ia menuturkan Dinsos Garut mendapatkan informasi dari masyarakat adanya seorang janda bernama Entik (60) warga Kampung Cikakak, Desa Putrajawa, Kecamatan Selaawi yang hidup sendirian dengan kondisi menderita sakit diduga tumor pada bagian wajahnya.

Selanjutnya, kata dia, jajaran Dinsos Garut beserta puskesmas, kecamatan, desa, dan petugas sosial di lapangan melakukan pengecekan, kemudian dibawa untuk diperiksa kondisi penyakit tersebut di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Garut.

Namun kondisi janda lansia itu, kata dia, ternyata harus dirujuk ke Rumah Sakit Al Ihsan di Bandung untuk dilakukan penanganan khusus oleh dokter spesialis terkait kasus penyakit yang dideritanya.


"Ibu harus dirujuk ke RS Al Ihsan Bandung dikarenakan hasil dari analisa dokter harus ditangani oleh dokter spesialis onkologi dan bedah plastik besok (Jumat) pagi," katanya.

Ia mengatakan selama menunggu pemberangkatan ke Bandung maka Dinsos Garut sementara waktu menampung Entik di rumah singgah untuk selanjutnya akan dibawa ke Bandung menjalani pemeriksaan.

Dinsos Garut, lanjut dia, akan terus melakukan pendampingan mulai membawanya dari rumah, kemudian menyediakan mobil ambulans, sampai penanganan pengobatan dan perawatan selama di rumah sakit.

"Kami siap membantu beliau, nanti juga besok akan dibawa ke Bandung untuk ditangani oleh dokter spesialis," katanya.

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Garut Yudha Puja Turnawan mengapresiasi gerakan cepat pelayanan sosial yang dilakukan oleh Dinsos Garut dalam menangani perempuan seorang janda lansia yang selama ini hidup sendirian.


Menurut dia kondisi janda tersebut memang seharusnya mendapatkan perhatian dari pemerintah, khususnya pelayanan kesehatan untuk pengobatan dirinya yang diduga tumor.

"Intinya kami mengapresiasi Dinsos yang langsung gerak cepat menangani Emak Entik ini untuk diberikan tindakan pengobatan," katanya 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023