Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat, menangkap dua pelaku pencurian spesialis tabung gas, dan telah beraksi lebih dari lima kali serta masih mengejar seorang lainnya yang menjadi buron.

"Pelaku ada tiga orang, dua berhasil ditangkap dan seorang lainnya masih dalam pengejaran," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol. Arif Budiman di Cirebon, Kamis.

Baca juga: Polresta Cirebon tangkap 7 orang diduga akan tawuran

Arif mengatakan tersangka yang ditangkap yaitu berinisial HN dan GN, keduanya merupakan warga Kabupaten Cirebon, sedangkan yang masih dalam pengejaran berinisial W.

Menurutnya tiga orang tersangka memang merupakan pelaku pencurian spesialis tabung gas, di mana mereka sudah melakukan aksi kejahatan di lima lokasi berbeda yang berada di Kabupaten Cirebon.

Ia menjelaskan, tersangka terlebih dahulu melakukan survei lokasi pada siang dan sore hari, kemudian pada malam harinya beraksi dengan membobol toko ataupun pangkalan gas.

"Tersangka melakukan survei lokasi tempat yang menjadi target mulai dari siang hingga sore dan pada malamnya beraksi," tuturnya.
Arif menambahkan tersangka juga merupakan residivis kasus yang sama, dan baru dua tahun keluar dari jeruji besi. Petugas juga menembak kaki kedua tersangka karena berupaya melawan saat akan ditangkap.

Ia mengatakan dari tangan pelaku, pihaknya menyita sejumlah barang bukti di antaranya 562 tabung gas ukuran 3 kilogram, alat yang digunakan seperti linggis, kunci pembuka gembok dan lainnya.

"Akibat perbuatannya kedua tersangka diancam Pasal 363 KUH-Pidana dengan ancaman kurungan penjara paling lama sembilan tahun," katanya.

Baca juga: Polresta Cirebon tangkap begal bersenjata tajam dan pistol

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023