Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan menyebut kontribusi masyarakat yang aktif dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 menjadi kunci bagi Kabupaten Bandung Barat untuk bisa meraih penghargaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Presiden Joko Widodo.
 
Hengki mengatakan Kabupaten Bandung Barat masuk sebagai Daerah Terbaik V (Lima) dalam Kategori Pengendalian Pandemi COVID-19 Wilayah Jawa Bali dari 17 kabupaten atau kota yang menerima award atau penghargaan tersebut.

Baca juga: 17 siswa Bandung Barat dapat tembakau sintetis dari medsos
 
"Penghargaan saya dedikasikan untuk seluruh stakeholder dan masyarakat yang telah berkontribusi aktif," kata Hengki dalam keterangannya di Bandung, Jawa Barat, Senin.
 
Dia menyebut penghargaan itu diterima karena Kabupaten Bandung Barat dinilai telah berhasil dalam menangani Pandemi COVID-19 dalam aspek penegakan protokol kesehatan, peningkatan kapasitas respons, dan pelayanan vaksinasi di daerah.  
 
Dia menjelaskan penilaian untuk penghargaan itu dilakukan oleh pemerintah pusat melalui sesi wawancara dan beberapa kebijakan, regulasi yang dibuat, langkah-langkah strategis serta inovasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat.
 
Adapun menurutnya Bandung Barat pun pernah menjadi kabupaten yang duduk di peringkat pertama pada tingkat vaksinasi COVID-19 di Jawa Barat.
 
Di samping itu, dia mengaku pernah melakukan program agar seluruh ASN membelanjakan 5 persen dari tunjangan kinerjanya (Tukin) untuk membeli produk UMKM, pertanian, dan peternakan selama pandemi COVID-19 dalam rangka pemulihan ekonomi.
 
Walaupun penghargaan telah diraih dan pandemi telah melandai, Hengki pun meminta kepada masyarakat agar tetap aktif dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHB) seperti saat adanya pandemi. Dengan begitu, menurutnya taraf hidup masyarakat Kabupaten Bandung Barat pun bisa semakin meningkat."Karena PHBS merupakan kunci utama dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, sehingga kita dapat terbebas dari berbagai penyakit," kata Hengki.

Baca juga: Polisi: 17 siswa di Bandung Barat positif narkotika tembakau sintetis
 
Pada Senin ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan kepada berbagai pihak atas dukungan terhadap Program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.
 
Penghargaan itu diberikan Presiden kepada berbagai pihak, di antaranya pemerintah daerah, puskesmas, rumah sakit, laboratorium, sentra vaksinasi, BUMN, organisasi internasional, perusahaan swasta luar negeri, dan pihak-pihak lainnya.

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023