Sebanyak 15 komunitas ontel dari berbagai daerah menggelar kegiatan munggahan di Cirebon, Jawa Barat, dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

"Kegiatan munggahan kami awali ngontel bareng dari Balai Kota Cirebon ke Markas Koal Cirebon Timur yang diikuti 300 peserta dari 15 komunitas," kata Ketua Komunitas Ontel Angkatan Lansia (Koal) Cirebon Timur Jirjis Hiktitonu di Cirebon, Minggu.

Menurut dia, 15 komunitas yang mengikuti acara munggahan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan itu bukan hanya dari Cirebon saja, akan tetapi berasal dari  berbagai daerah, di antaranya Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Pangandaran, dan Majalengka.

Ia berharap dengan kegiatan tersebut bisa memperkuat silaturahmi antara pecinta sepeda ontel yang tergabung dalam komunitas.

Sementara itu, Ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Cirebon Santo Mulyono menuturkan kegiatan munggahan ontelis ini walaupun direncanakan secara mendadak, namun antusiasmenya cukup besar.

Menurut Santo, kegiatan ini juga, sebagai salah satu bentuk kegiatan menyambut Ramadhan, yang beberapa hari lagi akan tiba. Dan dengan kegiatan tersebut juga bisa menjadi salah satu bentuk kesiapan menjelang Ramadhan.

"Munggahan ala ontelis, dengan cara ngontel. Itu merupakan salah satu bentuk kesiapan fisik menghadapi Ramadhan," katanya.
Selain ngontel, silaturahmi dan makan bersama, kegiatan munggahan ontelis juga diisi dengan ceramah, yang diberikan oleh Rois Syuriah PCNU Kabupaten Cirebon Kiai Wawan Arwani.

Dalam ceramahnya, Kiai Wawan mengatakan, bahwa Allah menjanjikan surga, kepada orang yang senang dan menyambut datangnya bulan Ramadhan ini.

"Kegiatan munggahan yang dilakukan oleh para ontelis ini, merupakan salah satu contohnya," kata Kiai Wawan.


 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023