Petugas Pemadam Kebakaran Markas Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyelamatkan hewan langka jenis lutung di kawasan Gunung Kasur, Desa Gadog, Kecamatan Cipanas, dalam kondisi lemas dengan tubuh mengalami luka diduga akibat pukulan benda tumpul.

Petugas Damkar Markas Cipanas, Luki Nurdiansyah, saat dihubungi Jumat, mengatakan pihaknya mendapat laporan dari warga dan aparat desa terkait hewan langka jenis Lutung yang ditemukan warga di kawasan perbukitan yang dikenal dengan Gunung Kasur.

"Pertama kali ditemukan warga dan diserahkan ke aparat desa karena mereka tahu lutung merupakan hewan langka dan dilindungi, selanjutnya kami datang ke kantor desa dan membawa lutung yang luka ke Mako Damkar Cipanas," katanya.

Pihaknya, ungkap Luki, akan membawa lutung yang tidak bisa berdiri dan hanya berbaring ke dokter hewan untuk memastikan kondisi kesehatannya, karena luka di bagian kepala dan kakinya diduga menjadi penyebab hewan langka itu terkulai lemas.

Sambil menunggu petugas dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jabar yang sudah dikontak, pihaknya akan merawat hewan endemik hutan di Jawa Barat termasuk di Cianjur yang memiliki banyak hutan lindung yang dihuni lutung.

"Kami sudah meminta petugas kesehatan hewan untuk memantau kondisi lutung tersebut, sambil menunggu dokter hewan dan petugas dari BKSDA yang sudah kami hubungi untuk dibawa ke tempat konservasi," katanya.

Sementara warga sekitar Gunung Kasur, mengatakan baru pertama kali menemukan hewan langka jenis lutung karena selama ini di lingkungan hutan dan lereng bukit hanya dihuni kawanan monyet liar.

"Kalau kawanan monyet memang banyak di lingkungan hutan Gunung Kasur, tapi lutung baru kali ini warga menemukannya. Mungkin saja dari hutan lindung di bawah Gunung Kasur atau lutung yang sengaja dilepas pemiliknya," kata tokoh pemuda Gadog, Adjat Sudrajat.*



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Markas Damkar selamatkan hewan langka jenis lutung

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023