Pemerintah Kabupaten Garut menyiapkan dokter spesialis dan fasilitas yang memadai untuk menunjang Rumah Sakit Umum (RSU) Malangbong yang baru selesai dibangun sehingga masyarakat pelosok utara Garut tidak perlu jauh-jauh ke kota untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Nanti dikirim (dokter spesialis), untuk dapat menjadi itu (RSU Tipe D) harus ada empat spesialis dasar," kata Bupati Garut Rudy Gunawan di Garut, Jawa Barat, Selasa.

Baca juga: RSU Malangbong di pelosok Garut siap beroperasi Februari

Ia menuturkan sudah meninjau langsung kondisi bangunan DTP Puskesmas Malangbong yang segera beralih statusnya menjadi RSU Malangbong Tipe D untuk memberikan pelayanan kesehatan lebih optimal kepada masyarakat daerah itu dan sekitarnya.

Salah satu syarat untuk menjadi RSU Malangbong Tipe D, kata dia, harus memiliki minimal empat dokter spesialis seperti spesialis penyakit dalam dan bedah, untuk itu Pemkab Garut segera menyiapkan dokternya.

"Nanti harus ada di situ, kalau tidak ada itu, tidak akan keluar izin rumah sakit," katanya.
Ia menyampaikan selama menunggu izin, maka statusnya masih DTP Malangbong, meski begitu pelayanan kesehatan tetap akan memberikan yang terbaik.

"Ya ini kan puskesmas dulu, kita gunakan untuk pelayanan, ada 38 'bed' di sini yang bisa untuk meng-'cover' dulu lah ada tempat perawatan," katanya.

Bupati berjanji secepatnya fasilitas untuk RSU Malangbong akan dilengkapi sesuai dengan ketentuan kelayakan RSU Tipe D seperti menyiapkan 50 tempat tidur dan ruangan medis seperti ruang operasi maupun radiologi.

"Nanti sesuai dengan ketentuan, jadi rumah sakit minimal Tipe D itu harus 50 'bed', ada ruang, kita akan lengkapi ruang operasi, ada radiologi dan sebagainya," kata Rudy.

Baca juga: Jabar siap bantu Rp7 miliar untuk Alkes RSU Malangbong

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022