Pemerintah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengambil alih pengelolaan Pantai Tirtamaya, setelah ditinggalkan oleh pengelola sebelumnya, dan akan memberdayakan warga sekitar serta memperbaiki sarana prasarana, agar lebih menarik.

"Kami memiliki kewenangan untuk mengelola langsung wisata Pantai Tirtamaya dengan melibatkan masyarakat setempat," kata Bupati Indramayu Nina Agustina di Indramayu, Jumat.

Baca juga: Terlibat narkoba, pekerja migran asal Indramayu divonis 20 tahun penjara

Nina mengatakan saat ini Pantai Tirtamaya yang terletak di Desa Juntikedokan, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, sudah tidak dikelola pihak ketiga, bahkan telah ditutup, karena sudah habis masa kontrak.

Untuk itu Pemkab Indramayu akan mengelola langsung keberadaan obyek wisata yang menjadi salah satu andalan daerah tersebut.

Menurut dia, pengelolaan akan dilakukan dinas terkait dan aparat kecamatan hingga pemerintah desa. Demi terciptanya tempat wisata yang menarik perlu dilakukan upaya penataan ulang Pantai Tirtamaya.
"Kami upayakan penataan ulang obyek wisata, mulai pedagangnya, tempat parkir, nominal tiket masuk, hingga fasilitas pendukung lainnya, agar terlihat baik dan nyaman untuk pengunjung," ujarnya.

Baca juga: Indramayu targetkan vaksinasi anak 6-11 tahun selesai 14 hari

Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disparra) Indramayu Tri Nani mengatakan dalam waktu seminggu ini akan melakukan konsolidasi baik dari pedagang, aparat kecamatan hingga unsur pemerintah desa. Mengingat, pengelolaan Pantai Tirtamaya ke depan akan melibatkan masyarakat setempat.

"Kami diberikan waktu seminggu bagaimana sistem pengelolaannya, karena pajak dan retribusi harus masuk, sehingga masing-masing pengelola memiliki tanggung jawab sendiri dan berbeda dengan pada saat dikelola oleh orang pribadi," katanya.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022