Jabar Quick Response (JQR) melatih anak-anak melakukan upaya penyelamatan di perairan di Kampung Patrol, Desa Dangdeur, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Sebagaimana dikutip dalam siaran pers pemerintah yang diterima di Kota Bandung, Senin, di antara anak-anak Kampung Patrol yang ikut latihan melakukan penyelamatan di perairan ada Muhammad Ramdan, yang bercita-cita menjadi atlet arung jeram.

Baca juga: Basarnas dan JQR latih relawan kebencanaan di 27 kabupaten/kota Jabar

"Selain Ramdan, anak-anak di sini banyak yang ingin jadi atlet arung jeram. Pelatihan yang JQR lakukan cukup rutin di sini. Itu membuat mereka bersemangat untuk mengenal alat-alat arung jeram," kata Ketua Harian JQR Reggi Kayong Munggaran.

Di samping melatih anak-anak melakukan penyelamatan, JQR menyerahkan bantuan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk anak yatim di Kampung Patrol.
Reggi berharap bantuan berupa uang, bahan pokok, dan perlengkapan sekolah bisa meningkatkan semangat anak yatim untuk mencapai cita-cita.

"Sehingga dia tidak merasa sendiri," katanya.

Baca juga: JQR dan Basarnas perkuat kapasitas penanganan bencana di Jawa Barat

Selain memberikan bantuan kepada anak yatim, JQR membangun fasilitas MCK dan merenovasi musala di Kampung Patrol.

Warga Kampung Patrol Agus Nurjaman menceritakan, sebelum ada fasilitas MCK warga menjadikan Sungai Cimanuk yang arusnya cukup deras sebagai tempat MCK.

"Maka ketika didirikan MCK oleh Jabar Quick Response, warga di sini sangat terbantu. Mereka tidak usah turun ke sungai untuk mencuci pakaian dan lain sebagainya," kata Agus.

Baca juga: Jabar Quick Response gelar vaksinasi covid kedua untuk 3.000 orang

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021