Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat berupaya meningkatkan Indeks Prestasi Masyarakat (IPM) dengan membentuk Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di setiap pondok pesantren sehingga santri tidak hanya mendapatkan ilmu agama, namun sekaligus pendidikan formal.

"Keberadaan pondok pesantren harus tetap dijaga dan tidak boleh hilang tergerus perkembangan zaman karena keberadaannya menjadi pusat pembelajaran agama, namun ilmu di ponpes harus digabungkan dengan pendidikan formal sebagai tempat membentuk karakter generasi yang berakhlakul karimah," kata Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur Kamis.

Hingga saat ini, ungkap dia, masih banyak pengelola ponpes di Cianjur yang hanya menerapkan pendidikan agama tanpa dibarengi dengan pendidikan formal layaknya di sekolah umum.

Oleh karena itu, pihaknya berencana membentuk PKBM di lingkungan ponpes, sebagai upaya meningkatkan IPM dan sumber daya manusia (SDM) warga Cianjur yang mumpuni.

Pihaknya mencatat angka rata-rata lama sekolah di Cianjur masih rendah akibat hanya memfokuskan pendidikan agama saat anak masuk ponpes.

Ke depan, santri di Cianjur tidak hanya mendalami ilmu agama namun disertai pendidikan formal, di mana pihaknya menargetkan satu ponpes terdapat satu PKBM.

"Saat ini, pemda baru bisa membentuk satu PKBM di setiap kecamatan, namun ke depan ditargetkan satu desa satu PKBM dan dilanjutkan dengan satu pesantren satu PKBM," katanya.

Pihaknya juga akan meningkatkan angka rata-rata lama sekolah bagi warga di masing-masing kecamatan, sebagai upaya memberantas kemiskinan ekstrem kelima di Jabar yang disandang Cianjur, sedangkan program kejar paket A sampai C akan digencarkan untuk meningkatkan SDM warga hingga pelosok.

"Ini akan dilakukan secara keroyokan masing-masing dinas, sehingga IPM dapat meningkat ditunjang SDM warga yang mumpuni, dilanjutkan dengan berbagai program pembinaan dan pelatihan, sehingga warga dapat meningkatkan status ekonomi mereka sesuai dengan keahliannya," kata Herman.

Baca juga: Pemkab dan DPRD Cianjur bersinergi tingkatkan IPM

Baca juga: IPM Cianjur ditargetkan posisi tertinggi tahun 2025

Baca juga: Dinkes jalin komunikasi tingkatkan IPM bidang kesehatan

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021