Dinas Kesehatan Cianjur, Jawa Barat, menambah lokasi vaksinasi masal di sejumlah tempat sebagai upaya mendekatkan warga ke tempat vaksinasi termasuk melibatkan Fotkopimda Cianjur, sebagai upaya mengejar target yang masih rendah.

Sekretaris Dinkes Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy saat dihubungi, Kamis mengatakan untuk mengejar target vaksinasi 1,9 juta warga, pihaknya memnambah lokasi vaksinasi masal di sejumlah kecamatan termasuk melibatkan seluruh puskesmas yang ada.

"Untuk pekan ini, kita menambah lokasi vaksinasi masal seperti di Gedung Pramuka di Kecamatan Karangtengah dan GGM Cianjur, termasuk rumah sakit yang ada di Cianjur, mulai dari RS Bhayangkara, RSUD Cianjur dan RSUD Cimacan," katanya.

Upaya tersebut, diharapkan dapat mendongkrak angka penerima vaksinasi yang masih dibawah 25 persen, termasuk melibatkan Forkopimda yang ikut membantu dengan menggelar vaksinasi masal di sejumlah titik dengan target 500 sampai 1.000 orang.

Bahkan untuk 45 puskesmas yang tersebar diselluruh Cianjur, ungkap dia, diharuskan melayani vaksinasi setia hari kerja dengan target hingga 1.000 orang per hari, termasuk untuk lansia dan anak usia sekolah.

"Kami berharap upaya maksimal ini, didukung dengan ketersedian stok vaksin jangan sampai kosong atau terlambat, sehinga upaya meningkatkan hert imunity di Cianjur, dapat mencapai target dan Cianjur masuk ke level 1," katanya.

Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan untuk masuk ke level 1 sesuai dengan keputusan Inmendagri, target vaksinasi yang sudah dilakukan minimal diangka 70 persen, dapat tercapai dibantu dengan Forkopimda yang gencar melakukan serbuan vaksin diberbagai wilayah.

Namun pihaknya berharap upaya tersebut, dapat didukung dengan ketersedian vaksin dari pemerintah pusat, sehingga pihkanya secara gencar melakukan kordinasi dengan pusat agar ketersedian vaksin mencukupi.

"Kita berharap upaya cepat berbagai pihak di Cianjur, ditunjang dengan ketersedian vaksin dari pemerintah pusat, sehingga target 1,9 juta warga mendapat vaksin dapat tercapai minimal di awal tahun depan," katanya.

Baca juga: Lapas Cianjur gandeng Damkar berlatih penanggulangan kebakaran

Baca juga: Anak dibawah 12 tahun belum boleh masuk tempat wisata di Cianjur
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021