Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bandung berkomitmen untuk mendorong pemulihan sektor ekonomi khususnya bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan komitmen itu bakal dituangkan melalui penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kadin yang direncanakan diteken pada Oktober mendatang.

“Setelah muskab (musyawarah kabupaten) Kadin di Oktober nanti, kami akan melaksanakan MoU. Dengan harapan, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bandung bisa segera meningkat, sehingga berdampak terhadap daya beli masyarakat,” katanya di Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Menurut dia beberapa waktu lalu Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kabupaten Bandung sempat di posisi -1,87 persen akibat maraknya pembatasan kegiatan ekonomi di masa pandemi COVID-19.

Maka menurutnya pembinaan terhadap para pelaku UMKM menjadi salah satu faktor penting dalam upaya pemulihan ekonomi di Kabupaten Bandung.

"Dengan adanya pembinaan dari Kadin terhadap para UMKM ini, kami berharap akan berdampak pada pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Bandung,” kata dia.

Sementara itu, Pejabat Sementara (Pjs) Ketua Umum Kadin Kabupaten Bandung Dedi Supriadi mengatakan sebagai mitra pemerintah daerah pihaknya akan membantu Bupati Bandung dalam meningkatkan level UMKM.

“Pandemi ini tentunya berdampak pada sektor ekonomi. Sebagai mitra pemerintah daerah, kami memiliki kewajiban untuk menggeliatkan kembali perekonomian, salah satunya dengan memberikan pembinaan agar UMKM Kabupaten Bandung terus naik level,” kata Dedi.

Dedi menjelaskan, salah satu bentuk upaya dalam meningkatkan level para pelaku UMKM adalah dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan.

“Sebagai lembaga non-profit kami tidak memiliki anggaran, tapi kami memiliki SDM yang paham secara teori. Dengan kolaborasi ini, nantinya para UMKM akan diberikan edukasi seperti cara mengemas dan memasarkan produknya, sehingga bisa masuk ke level minimarket,” kata dia.

Baca juga: Pelaku UMKM Bandung diajak promosi via medsos

Baca juga: Pemkab Bandung Barat berupaya tingkatkan pendapatan UMKM dengan Triathlon

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021