Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat menerjunkan sejumlah anggota Pramuka untuk membantu menyukseskan vaksinasi, antara lain dalam pengamanan dan menjadi agen perubahan masyarakat agar disiplin protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19 dan mengakhiri pandemi.

"Jadi kita terus berbakti, apalagi dalam wabah COVID-19 ini, jadi anggota Pramuka harus paling depan untuk menjaga kedisiplinan protokol kesehatan, dan juga menjadi yang paling depan untuk melakukan upaya-upaya agar COVID-19 ini segera selesai," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman saat memperingati Hari Jadi Ke-60 Pramuka Tahun 2021 di Gedung Sarana Olahraga Ciateul di Garut, Sabtu.

Helmi sebagai Ketua Kwarcab Garut mengatakan peringatan Hari Pramuka di tengah pandemi ini bertema, "Berbakti Tiada Henti". Hal itu, sebagai salah satu gerakan Pramuka dalam membantu menanggulangi pandemi COVID-19 yang saat ini masih mengancam kesehatan masyarakat.

"Sesuai dengan tema kita pada ulang tahun ini adalah berbakti tiada henti, berbakti tanpa henti," katanya.

Ia menyampaikan peran Pramuka harus menunjukkan bakti sosial secara terus-menerus tanpa henti, tidak hanya saat momentum tertentu atau saat Hari Jadi Pramuka.

Anggota Pramuka yang berada di mana saja, kata Helmi, harus menjadi agen perubahan bagi masyarakat menuju lebih baik, seperti terus mengingatkan masyarakat agar disiplin protokol kesehatan dan bersedia untuk divaksin.

"Kita juga instruksikan kader-kader Pramuka, ya kakak-kakak Pramuka itu, karena Pramuka ini tersebar, semuanya ada di kecamatan, ada di ranting, ada di sekolah, itu menjadi agen perubahan menjadi yang terdepan untuk mengabdikan diri kepada masyarakat," kata Helmi.

Rangkaian memperingati Hari Jadi Pramuka tidak hanya menggelar upacara, tetapi dilaksanakan beberapa kegiatan bakti sosial, di antaranya menyalurkan bantuan ke beberapa panti, kemudian kelompok masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Selain itu, peringatan Hari Pramuka diisi dengan pelantikan Dewan Kehormatan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Cabang Garut, Satgas Pramuka Peduli, Pengurus Gugus Darma Kian Santang, dan Pengurus Saka Kencana Cabang Garut.

Baca juga: Kasus penemuan potongan jasad bayi di Garut masih diselidiki

Baca juga: Garut percepat vaksinasi ke berbagai kalangan dan pelosok
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021