Bupati dan Forum Pimpinan Daerah (Forkopinda) Cianjur, Jawa Barat, akan mendapatkan vaksinasi COVID-19 perdana yang rencananya dilaksanakan awal Februari 2021.

Vaksin diberikan sebelum pemberian vaksin untuk tenaga medis dan nonmedis dengan harapan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mendaftarkan diri dalam program vaksinasi.

Bupati Cianjur, Herman Suherman, saat dihubungi Selasa, mengatakan siap menjadi orang pertama yang divaksin, meski saat ini sudah menginjak usia 60 tahun.

"Kalau memungkinkan, saya siap jadi yang pertama mendapat vaksin COVID-19, semoga dapat menjadi contoh bagi berbagai kalangan," katanya.

Herman mengimbau masyarakat untuk tidak meragukan vaksin yang akan diberikan sudah mendapat label halal dari MUI dan jaminan aman dari BPOM RI, sehingga layak untuk diberikan sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus Corona. "Jangan takt untuk divaksin, MUI sudah memberikan label halal dan jangan percaya berita bohong soal vaksin ini," katanya.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Cianjur, dr Yusman Faisal, mengatakan untuk tahap awal vaksinasi di Cianjur akan diberikan pada tenaga medis dan non medis di layanan kesehatan, namun secara perdana Forkopimda Cianjur, akan mendapatkan secara serentak.

"Rencananya yang perdana diberikan vaksin Bupati Cianjur, Ketua DPRD Cianjur, Kadinkes Cianjur dan masih menunggu konfirmasi Kapolres dan Dandim Cianjur. Selanjutnya akan diberikan untuk tenaga medis dan non medis," katanya.

Pihaknya berharap dengan pemberian vaksin perdana terhadap unsur pimpinan daerah, dapat meningkatkan minat warga untuk mengikuti program vaksinasi sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus berbahaya di Cianjur, sehingga kota santri dapat kembali ke zona hijau terbebas dari COVID-19.

"Semoga rencana tersebut berjalan lancar dan akan digelar di awal bulan depan. Harapan kami dengan perdananya unsur pimpinan mendapat vaksin akan mendorong warga untuk mendaftar dalam program vaksinasi COVID-19 di Cianjur," katanya.

Sementara Ketua DPRD Cianjur, Ganjar Ramadhan, mengatakan sudah siap mendapatkan vaksin COVID-19 sebagai upaya mendukung program pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Corona serta sebagai upaya memastikan pada masyarakat terkait vaksin yang diberikan sudah terjamin aman dan halal.

"Sebagai wakil rakyat, saya siap mendapatkan vaksin secara perdana di Cianjur, semoga ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat kalau vaksin COVID-19 Sinovak aman dan terjamin kehalalannya. Jangan sampai masyarakat, terpedaya dengan berbagai berita bohong yang beredar terkait vaksin tersebut," katanya.

Baca juga: Dinkes Cianjur gelar simulasi vaksinasi untuk tenaga kesehatan

Baca juga: Danrem Surya Kancana instruksikan jajarannya kawal distribusi vaksin covid

Baca juga: Pemkab Cianjur ajukan 1,6 juta dosis vaksin COVID-19 ke Pemprov Jabar

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021