Danrem 061/Surya Kancana Brigjen TNI Achmad Fauzi, menginstruksikan seluruh jajaran Kodim untuk ikut mengawal pendistribusian hingga pelaksanaan pemberian vaksin COVID-19 sesuai dengan Perpres nomor 99 tahun 2020, dimana TNI/Polri terlibat mulai dari pengiriman, pendistribusian, hingga pelaksanaan vaksinasi.

"Seluruh Kodim di bawah Korem 061, kami instruksikan untuk menyiapkan 2 pleton pasukan, mulai dari mengawal pendistribusian hingga pelaksanaan vaksinasi yang akan dilakukan di wilayahnya masing-masing," katanya saat mengecek kesiapan anggota di Makodim 0608 Cianjur, Jumat.

Pihaknya mengimbau agar warga tidak khawatir dengan pemberian vaksin karena sudah menjalani uji klinis serta tidak mengandung unsur cairan yang dinilai haram. Bahkan untuk perdana, tim medis dan kesehatan yang akan diberikan vaksin COVID-19, dilanjutkan dengan anggota TNI/Polri dan pegawai pemerintah.

Sehingga warga dapat melihat efek dari vaksin tersebut, sebelum diberikan pada masyarakat secara luas karena sudah terjamin berdasarkan berbagai uji klinis sebelum diberikan. Namun pihaknya tetap mengimbau warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya memutus rantai penyebaran.

"Tidak hanya bergantung pada vaksin, namun warga tetap harus menerapkan pola hidup sehat dan tetap menjaga protokol kesehatan terutama saat beraktivitas di luar rumah dengan cara tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan, agar terhindar dari virus berbahaya," katanya.

Dandim 0608 Cianjur Letkol Kav Ricky Arinuryadi, mengatakan pihaknya telah menyiapkan puluhan anggota untuk ditugaskan menjaga keamanan dan ketertiban vaksinasi COVID-19 mulai dari pengawalan pendistribusian hingga pemberian vaksin ditingkat masyarakat.

"Kami libatkan 50 orang anggota untuk mengawal pendistribusian vaksin hingga pemberian vaksin, pengawalan akan dilakukan mulai dari titik pendistribusian hingga titik akhir penerima vaksin di sejumlah wilayah di Cianjur, harapan kami dapat terbebas dari virus berbahaya," katanya.

Baca juga: Polri kerahkan 83.566 personel kawal perjalanan vaksin COVID-19

Baca juga: TNI-Polri kawal vaksin sinovac tahap II dari Bandara Soetta menuju Bandung

Baca juga: BPOM bakal kawal vaksin COVID-19 sejak kedatangan hingga ke masyarakat

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021