Sumber, 2/4 (ANTARA) - Sunatan masal yang diikuti sekitar 75 anak dari keluarga tidak mampu se-Kabupaten Cirebon mengawali kemeriahan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kabupaten itu yang ke-528, Jumat.

Kegiatan sosial yang bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Cirebon tersebut diselenggarakan mulai sekitar pukul 06.30 WIB.

Kabag Humas Pemkab Cirebon Supadi mengatakan, sebenarnya sejumlah kegiatan rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Cirebon sudah berlangsung sejak pertengahan Maret lalu namun hanya melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Mulai 2 April ini perayaan HUT Kabupaten Cirebon mengikutsertakan seluruh lapisan masyarakat seperti yang diselenggarakan hari ini yaitu sunatan masal," kata Supadi.

Selain itu, kegiatan sosial lain yang diselenggarakan dalam peringatan HUT Kabupaten Cirebon, Jumat, adalah tabligh akbar di Masjid Al Ikhlash di Kecamatan Talun, yang akan mengikutsertakan kelompok majelis taklim se-Kabupaten Cirebon.

Kemeriahan HUT Kabupaten Cirebon kali ini, lanjut Supadi, diperkirakan spektakuler dengan akan diselenggarakannya kegiatan Jalan Santai 50 Ribu "Sega Jamblang" pada 4 April 2010.

"Yaitu kegiatan jalan santai yang akan diikuti masyarakat Kabupaten Cirebon dan saat tiba di garis finis para peserta akan disuguhi makanan khas Cirebon yaitu 'Sega Jamblang," kata Supadi.

Supadi menargetkan jumlah peserta jalan santai tersebut sebanyak 50 ribu orang sehingga diharapkan bisa menjadi hal pertama yang terjadi di Indonesia dan memecahkan rekor MURI.

Sambil menikmati "sega jamblang," yaitu nasi dan lauk pauk khas makanan Cirebon, peserta jalan santai juga akan dihibur oleh penampilan seorang penyanyi terkenal asal Kabupaten Cirebon yaitu Charlie dari Grup musik ternama ST12 dan beberapa band lokal.

Kegiatan lain untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Cirebon itu, lanjut Supadi, berupa festival drumband tingkat nasional pada 10-11 April dan diakhiri dengan perayaan tradisi pesta laut Nadran pada 11 April mendatang.

M Taufik

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010