Bandung, 25/1 (ANTARA) - Indonesia dan Amerika Serikat (AS) bekerja sama menyelenggarakan konferensi lintas agama bertema "Membangun Komunitas Bersama: Meningkatkan Kerjasama Antar-Warga yang Berbeda Keyakinan", di Jakarta, 25-27 Januari 2010.

Sejumlah pemuka agama dan wakil organisasi masyarakat dari berbagai keyakinan yang berbeda bertemu untuk berdiskusi pada konferensi tingkat dunia ini yang merupakan pertama kali diselenggarakan dan mengawali serangkaian forum pertemuan serupa yang akan diadakan di berbagai belahan dunia lainnya tahun ini.

Sebagai tindak lanjut dari tekad Presiden AS Barrack Obama untuk mendukung peningkatan kerja sama lintas-agama, menurut siaran pers Kedubes AS, di Jakarta, Senin, konferensi ini mengundang sejumlah pemimpin agama dari Indonesia, Amerika, dan beberapa negara Asia.

Sejumlah perwakilan dari organisasi non-pemerintah juga akan berpartisipasi. Peserta akan fokus untuk berbagi pengalaman dan meningkatkan kerja sama di bidang penanggulangan kemiskinan, pendidikan,
pelestarian lingkungan, dan tata kelola pemerintahan lokal.

Indonesia menjadi tuan rumah konferensi ini, dan lembaga non-pemerintah internasional, 'Religions for Peace', mermbantu memfasilitasi acara. Dalam konferensi ini juga akan diresmikan pembentukan kelompok kerja lintas-agama regional untuk kawasan Asia Tenggara, yang akan bekerja untuk membangun kemitraan baru antara agama dan komunitas warga dalam upaya menjawab berbagai tantangan pembangunan
di wilayah ini.

Pembentukan kelompok kerja lintas-agama tambahan di wilayah lainnya sedang direncanakan dan akan dimulai pada tahun 2010 dan 2011.

Johnny Tarigan
(TZ.J003/B/M019/M019) 25-01-2010 12:05:50

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010