Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menggelar kegiatan pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat untuk mendeteksi penularan COVID-19 secara lantatur bagi warga yang akan membayar pajak di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis.

"Ada sekitar tiga ratus orang (yang diperiksa) untuk mengetahui pencegahan dan penyebaran yang ada di Samsat ini. Kita melihat rapid test di Samsat ini harus sesuai dengan protokol kesehatan," kata Kepala Polda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi mengenai kegiatan pemeriksaan yang dilaksanakan dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-74.

Kegiatan pemeriksaan itu, menurut dia, merupakan bagian dari upaya mengantisipasi penularan virus menyusul pembukaan kembali Kantor Samsat Bandung setelah ditutup sementara untuk menekan risiko penularan COVID-19.

Dalam kegiatan itu, petugas pemeriksa yang mengenakan alat pelindung diri lengkap mengambil memeriksa pengguna kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat yang datang ke Kantor Samsat.

Warga yang telah menjalani pemeriksaan diminta menanti hasil pemeriksaan di ruang tunggu. Kalau ada warga yang menurut hasil pemeriksaan terindikasi tertular virus corona penyebab COVID-19, petugas akan membawanya ke Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Bandung.

Rudy mengatakan, kegiatan pemeriksaan serupa dilakukan di tingkat kepolisian resor (polres) di wilayah hukum Kepolisian Daerah Jawa Barat.

"Rapid test dilakukan secara serentak di sejumlah polres di Jabar, kita akan acak dan mencoba untuk melakukan tes sebanyak mungkin," kata dia.

Baca juga: Kapolda Jabar kawal tes cepat COVID-19 di TSI Cisarua Bogor

Baca juga: Layanan pembuatan dan perpanjangan SIM kembali dibuka di Polda Jabar

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020