Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, telah menyiapkan alat semprot disinfektan untuk dibagikan ke 500 masjid yang siap membersihkan masjid agar terbebas dari wabah virus corona.

"Semuanya ada sekitar 500 masjid, kita akan bagikan alat penyemprot untuk disinsfektan dalam rangka mencegah penyebaran wabah virus corona," kata Bupati Garut Rudy Gunawan saat menggelar pertemuan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Garut di Pendopo Garut, Kamis.

Ia menuturkan, Pemkab Garut terus berupaya melakukan pencegahan terhadap wabah virus corona yang saat ini sudah mengancam, bahkan telah menimbulkan korban jiwa di sejumlah daerah Indonesia.

Baca juga: Melawan wabah COVID-19, Garut terus bangun kebersamaan

Salah satu yang dilakukan Pemkab Garut dalam pencegahannya, kata dia, dengan membagikan alat semprot disinfektan untuk 500 masjid di Garut agar kondisi masjid tetap bersih dan terhindar dari wabah virus corona.

"Kami bersama MUI sepakat untuk memberikan perlindungan bagi masjid-masjid di antaranya insya Allah kami akan membagikan kepada seluruh masjid besar yang ada di Kabupaten Garut dan masjid desa," katanya.

Bupati berharap bantuan yang diberikan kepada masjid itu dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam kondisi darurat wabah virus corona saat ini.

Baca juga: Pekerja jalanan di Garut dibagikan bantuan "hand sanitizer" cegah corona

"Semoga ini bermanfaat dan dalam langkah yang konkret dari MUI dan Pemda Kabupaten Garut," katanya.

Selain Pemkab Garut, pengurus partai politik PDI Perjuangan Garut juga berupaya membantu pemerintah daerah dalam memerangi wabah virus corona dengan menyediakan tempat cuci tangan di sejumlah tempat keramaian, dan membagikan "hand sanitizer" kepada masyarakat.

Ketua DPC PDI Perjuangan Yudha Puja Turnawan mengatakan, jajarannya berupaya untuk terus terlibat membantu masyarakat dalam mencegah wabah virus corona dengan menyiapkan "hand sanitizer" dan masker yang dibagikan gratis untuk masyarakat.

Baca juga: Garut alokasikan anggaran Rp2,5 miliar alat kesehatan penanganan corona

"Kami peduli dalam mengantisipasi wabah virus corona ini dengan melakukan langkah nyata seperti membagikan hand sanitizer, dan sekarang pemasangan wastapel portable," kata anggota DPRD Garut itu.

Selain dari PDI Perjuangan, bantuan juga diberikan dari sejumlah lembaga lainnya kepada Pemkab Garut seperti bantuan hand sanitizer, sepatu karet, baju protect, kacamata, hand gloves, hand sanitizer, vitamin, masker, dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan dalam penanganan virus corona.

Baca juga: Cegah COVID-19, petugas semprotkan disinfektan di perkotaan Garut

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020