Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, mengalokasikan anggaran dari biaya tak terduga (BTT) sebesar Rp2,5 miliar untuk fokus pengadaan alat kesehatan penanganan wabah virus corona di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Garut.

"BTT untuk penanganan darurat bencana virus corona akan diarahkan ke pengadaan alat kesehatan guna menjamin ketersediaan dan pelayanan maksimal penanganan COVID-19," kata Bupati Garut Rudy Gunawan melalui siaran pers di Garut, Selasa.

Ia menuturkan, Pemkab Garut mengalokasikan anggaran sebesar Rp3 miliar dari BTT APBD Garut tahun 2020 yang siap digunakan untuk penanganan wabah COVID-19 selama 14 hari.

Baca juga: 55 APD untuk penanganan COVID-19 disiapkan Pemkab Garut

Sebesar Rp2,5 miliar, kata dia, akan dialokasikan untuk pangadaan alat kesehatan di antaranya berupa alat untuk paru, dan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis.

"Untuk tahap dua nanti kita akan melakukan kegiatan memperluas preventif, kuratif dan jaminan sosial," katanya.

Anggota DPRD Kabupaten Garut dari Fraksi PDI Perjuangan Yudha Puja Turnawan mendukung pemerintah daerah untuk menggunakan anggaran dari BTT dalam penanganan bencana wabah virus corona di Garut.

Baca juga: Petugas sterilkan bus di Terminal Guntur Garut untuk cegah penyebaran COVID-19

Selama ini Kabupaten Garut, kata dia, tidak ada laporan warga positif virus corona, meski begitu pemerintah daerah harus tetap waspada dan melakukan langkah pencegahan seperti persiapan penahanan medis maupun penyediaan "hand sanitizer" di tempat umum.

"Kita di Garut ini tidak ada kasus positif, untuk itu kita harus menekankan pada pencegahan, dan bisa menggunakan dana dari BTT," katanya.

Baca juga: Ratusan penumpang angkutan umum diperiksa kesehatannya saat masuk Garut

Sementara itu, Pemkab Garut selama ini sudah menyiapkan 83 ruang isolasi tersebar di enam rumah sakit untuk persiapan apabila ada orang yang disinyalir terjangkit virus corona.

Selain itu, Pemkab Garut juga melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman yang benar kepada seluruh elemen masyarakat agar bisa terhindar dari wabah virus corona.

Baca juga: Cegah COVID-19, petugas semprotkan disinfektan di perkotaan Garut

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020