Sejumlah petugas dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut memeriksa sejumlah daging hewan kurban untuk memastikan dalam kondisi sehat dan aman sebelum dikonsumsi manusia di sejumlah tempat penyembelihan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu.

Petugas kesehatan hewan dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut, Niko mengatakan, petugas yang terjun ke lapangan memeriksa kondisi daging hewan kurban di antaranya organ hati, limpa dan paru.

"Pemeriksaan organ hati, limpa dan paru, jantung dan organ dalam lainnya," kata Niko.

Ia menuturkan, tim pemeriksa hewan kurban itu diterjunkan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat bahwa daging kurban yang akan dikonsumsi dalam kondisi sehat.

Hewan kurban itu, kata dia, diperiksa asal ternak dan dipastikan dari daerah yang bebas dari penyakit menular, selanjutnya pemeriksaan kondisi hewan sebelum dan sesudah penyembelihan.

"Pemeriksaan ternak dari daerah asal, daerah bebas penyakit menular," katanya.

Ia menyampaikan, pemeriksaan organ hati yang tidak sehat biasanya ditemukan adanya cacing dengan ciri-ciri hancur atau bolong-bolong.

Jika menemukan kondisi hati seperti itu, kata dia, sebaiknya tidak dikonsumsi daging hatinya karena khawatir berdampak buruk terhadap kesehatan manusia.

"Organ hati terdapat cacing tidak dianjurkan dikonsumsi, kalau organnya rusak," katanya.

Sementara itu, masyarakat Kabupaten Garut di sejumlah tempat melakukan penyembelihan hewan kurban jenis sapi maupun kambing dan domba dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Adha.

Masyarakat bergotong royong melakukan proses penyembelihan dan pemotongan daging kurban sebelum akhirnya dibagikan kepada masyarakat.

Seorang warga yang berkurban sapi di Kecamatan Samarang, Agus Suyud mengatakan, Idul Adha merupakan momentum untuk berkumpul bersama keluarga dan berbagi daging kepada tetangga, masyarakat kurang mampu maupun sanak saudara.

"Alhamdulillah tahun ini berkurban dan dapat sapi yang sehat, besar yang dibeli dari peternak di Garut," kata Agus.***3***

Baca juga: Petugas kesehatan hewan periksa sapi kurban di Garut

Baca juga: Harga jual sapi di Garut paling murah Rp20 juta






 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019