Tiga ribu lebih pelamar pada hari pertama Job Fair 2019 yang digelar di Lapangan Prawatasari Cianjur, Jawa Barat, mendapat pekerjaan di sejumlah perusahaan yang menjadi peserta.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakeetrans) Cianjur, Heri Suparjo di Cianjur Selasa, mengatakan dalam kegiatan job fair tersebut ada sekitar 3.499 serapan tenaga kerja dari 30 perusahaan.

"Antusias pencari kerja untuk mengikuti kegiatan tersebut cukup tinggi, hingga pukul 09.30 WIB, pencari kerja yang hadir mencapai 5.000 orang," katanya.

Meskipun ungkap dia, saat pagi dimana awal pembukaan formulir dan nomor antrean, peserta sempat berdesakan, namun akhirnya situasi kembali kondusif menjelang siang.

Perusahaan yang menerima lowongan cukup banyak, tutur dia, PT Pou Yuen Indonesia, dengan serapan tenaga kerja mencapai 1.000 orang karena perusahaan yang memproduksi sepatu merk terkenal itu, cukup diminati pencari kerja.

"Harapan saya tidak hanya menumpuk di PYI karena masih banyak perusahaan lain yang menerima pegawai. Job fair yang digelar untuk kedua kalinya ini, diharapkan mampu meningkatkan serapan tenaga kerja di Cianjur," katanya.

Bahkan sesuai dengan instruksi Bupati Cianjur, Herman Suherman, pihaknya akan terus berupaya memperluas lapangan pekerjaan dan memfasilitasi warga agar segera mendapatkan pekerjaan.

Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan pihaknya menargetkan angka serapan tenaga kerja asli Cianjur, dapat mencapai 100 ribu selama kepemimpinnya yang tinggal satu tahun terakhir.

Sehingga pihaknya optimis jika kembali terpilih pada Pilkada serentak 2020 akan menggenjot lebih banyak perusahaan untuk membuka lapangan seluas-luasnya bagi warga Cianjur sebagai priorotas dan warga luar Cianjur.

"Selama kepemimpinan saya, sudah setengah dari target 100 ribu orang diterima bekerja di sejumlah perusahaan yang ada di Cianjur. Harapan saya jika mendapat kepercayaan kembali, kami akan menargetkan lebih banyak lapangan pekerjaan," katanya.

Baca juga: Plt Bupati jamin pemekaran Cianjur selatan secepatnya

Baca juga: Mobil dinas Bupati Cianjur boleh dipinjam untuk acara nikah warganya

Baca juga: Kebakaran ruko di Cianjur akibatkan pemiliknya tewas



 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019