Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo menyatakan, tidak akan mentolerir masyarakat yang parkir kendaraannya sembarangan karena menjadi salah satu penyebab kemacetan di Kota Bandung, Jawa Barat.

"Jadi penindakan yang kami lakukan untuk parkir liar ini sudah masuk ke dalam penindakan secara tilang, karena rambu-rambu yang di tempatkan di sini ini bukan hanya setahun atau dua tahun, rambu ini sudah lama," kata Bayu saat memimpin penertiban parkir liar di Jalan L.L.R.E Martadinata, Kota Bandung, Jumat.

Ia mengatakan, selama operasi parkir liar telah menilang 46 kendaraan roda dua maupun empat yang parkir sembarangan atau di tempat yang terpasang rambu dilarang parkir.

Petugas gabungan dalam operasi itu, kata dia, berupaya mengedukasi masyarakat agar tertib berlalu lintas dengan tidak sembarangan parkir kendaraannya.

"Kalau pendidikan tidak bisa, kita masih ada cabut pentil, jadi berbagai upaya akan kita lakukan untuk menertibkan Kota Bandung ini," kata Bayu.

Dia mengatakan parkir liar tersebut kerap menjadi penyebab kemacetan, maka dari itu pihaknya melakukan penertiban, apalagi Kota Bandung sering dipadati oleh wisatawan yang datang dari luar kota.

"Artinya jumlah kendaraan pun semakin meningkat di Kota Bandung pada akhir pekan, sedangkan jalan di kita memiliki keterbatasan, seperti jalan yang tidak pernah bertambah dan panjang jalan yang tidak pernah bertambah," kata dia.

Menurutnya, di salah satu titik kemacetan seperti di Jalan L.L.R.E Martadinata memiliki banyak rumah makan, perhotelan dan rumah sakit, sedangkan tempat-tempat itu minim lahan parkir.

"Kemudian Jalan Djunjunan, itu tempat keluar masuknya masyarakat di pintu tol. Kalau pintu keluar dan masuk itu dihambat oleh yang parkir, maka akan macet," kata dia.

Sementara itu, dia mengatakan Satlantas Polrestabes Bandung akan fokus ke sejumlah ruas jalan di kawasan tengah kota yang menjadi titik kemacetan.

"Harapannya ini menjadi 'pilot project' dari Polrestabes Bandung untuk menertibkan beberapa ruas jalan yang marak parkir liar," kata dia.

Baca juga: Petugas tilang 46 kendaraan yang parkir liar di Kota Bandung

Baca juga: Petugas angkut paksa kendaraan yang parkir sembarangan di Garut

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019