Wakil Wali Kota Cirebon, Jawa Barat, Eti Herawati mengatakan pada pelaksanaan pencoblosan Pemilu 2019, Rabu, jalanan lengang seperti hari lebaran karena masyarakat antusias menyalurkan suaranya ke tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing.

"Ini (hari pencoblosan) seperti lebaran, cuma tidak ada opor ayamnya saja," kata Eti di Cirebon, Rabu, usai memberikan suaranya di TPS 17 Kelurahan/Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon.

Eti mengakui antusias masyarakat sangat tinggi pada hari pencoblosan ini, bahkan jalanan yang biasanya ramai akan lalu lalang kendaraan tetapi khusus hari ini sepi atau lengang.

Selain itu banyak masyarakat yang memilih pulang kampung untuk menyalurkan hak suaranya dan ini sangat terasa seperti ketika lebaran.

"Banyak warga yang pulang kampung untuk nyoblos, ini tentu sangat bagus," ujarnya.

Dia juga mengaku optimistis partisipasi pemilih di Pemilu 2019 akan memenuhi target yang telah ditetapkan, karena antusiasme warga sangat tinggi.

"Saya yakin target partisipasi pemilu 75 persen di Kota Cirebon dapat tercapai," tuturnya.

Eti mengatakan situasi keamanan dan ketertiban di Kota Cirebon juga kondusif sejak semalam. Dia meyakini sampai selesai Pemilu 2019 situasi tetap kondusif.

Selain itu, lanjut Eti, beberapa pusat perbelanjaan sengaja menunda jam operasionalnya. Hal itu dilakukan untuk memberikan kesempatan pada karyawannya mencoblos di TPS masing-masing.

Baca juga: Bupati Garut kader Gerindra mengaku pilih caleg Nasdem isterinya

Baca juga: Syahrini tetap semangat ke TPS meski kakinya terluka sakit
 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019