Polda Jawa Barat dan Kodam III/Siliwangi menjamin pelaksanaan Pemilu 2019 di seluruh wilayah hukum Jawa Barat berjalan aman, damai dan terkendali dengan menempatkan anggota berseragam di tiap TPS.

"Semua jajaran memastikan keamanan dan kondusifitas menjelang dan setelah pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan kondusif," kata Kapolda Jawa Barat, Irjen Agung Budi Maryoto di Cianjur Selasa.

Kapolda yang didampingi Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono,mengatakan, TNI/Polri mengimbau warga yang memiliki hak pilih untuk datang ke TPS menyalurkan haknya untuk masa depan Indonesia lima tahun ke depan.

Ia menjelaskan seluruh jajaran di wilayah hukum Jawa Barat akan menempatkan anggota berseragam, baik TNI/Polri dibantu Linmas dimasing-masing TPS untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga.

Sedangkan untuk wilayah yang dilanda bencana alam, pelaksanaan pemungutan surat suara tetap dapat dilakukan tanpa terkendala. "Beberapa wilayah di Jabar dilanda bencana alam tetap dapat melakukan pemilihan," ujarnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi terjadinya serangan fajar atau politik uang, pihaknya mengimbau warga mengaktifkan siskamling dan kepolisian memaksimalkan patroli siber.

"Kami menjamin pemilu akan berjalan aman tanpa ada halangan atau intimidasi sekalipun. Kalau ada yang mendapat intimidasi segera laporkan ke kami," ucapnya.

Sebelumnya Kapolda Jabar dan Pangdam III/Siliwangi sempat meninjau sejumlah persiapan pengamanan menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 di Cianjur, sebelum bertolak kembali ke Bandung mengunakan helikopter.



Baca juga: Kapolda: tidak ada kerawanan pemilu di Jabar


Baca juga: Kapolri: Jabar harus tetap kondusif jelang pemilu


Baca juga: Kapolda Jabar ajak masyarakat jaga kesatuan hadapi pemilu


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2019