Cirebon (Antaranews Jabar) - Kampung Wisata Rotan di Desa Tegal Wangi Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mulai dilirik wisatawan dari berbagai daerah, dan mancanegara untuk berkunjung dan berlatih membuat aneka produk berbahan rotan.

"Sudah dari berbagai daerah sering berkunjung ke sini, kita fasilitasi dengan mengajak mereka berkeliling kampung," kata Kepala Desa Tegal Wangi Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Iskandar di Cirebon, Senin.

Kampung Wisata Rotan itu, kata Iskandar merupakan inisiatif dari sesepuh dan pegiat kerajinan rotan dan saat ini terus berkembang, banyak dikunjungi wisatawan.

Di kampung itu, semua penduduknya mayoritas berkecimpung di sektor kerajinan rotan, mulai dari ibu, bapak, hingga lansia.

"Di sini kebanyakan warga bergantung pada kerajinan rotan, ada yang membuat tudung saji, kursi, meja dan lainnya," ujar Iskandar.

Menurut Iskandar kampung ini memiliki keunikan tersendiri, bahkan orang luar Jawa yang merupakan sumber penghasil bahan baku juga heran setelah mereka mengunjungi kampung rotan.

Karena lanjut Iskandar, Cirebon bukanlah penghasil rotan, namun masyarakatnya semua berprofesi sebagai perajin rotan.

"Dari Sulawesi itu bingung kenapa orang Cirebon terutama Tegal Wangi bisa membuat kerajinan dari rotan, padahal di sini tidak ada tanaman sebagai bahan bakunya," katanya.

Iskandar menambahkan untuk berwisata di Kampung Rotan, biasanya para pengunjung akan difasilitasi oleh pemerintah desa untuk berkeliling di kampung itu.

Karena sampai saat ini, wisata Kampung Rotan belum dikelola secara maksimal, namun dipastikan semua akan melayani siapa saja yang berwisata.

"Kita akan layani semaksimal mungkin, nanti wisatawan juga bisa memilih apakah mau melihat pembuatannya atau mencoba membuat kerajinan dari rotan," katanya.

Sementara itu warga Kampung Rotan, Maenah (43) mengatakan banyak orang yang mengunjungi kampungnya dan kadang juga dari luar negeri.

"Banyak turis bule yang kesini, mereka pengen tahu cara membuat kerajinan dari rotan," katanya.

Adanya wisata Kampung Rotan ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, karena dengan adanya wisatawan, maka perekonomianpun akan bergeliat.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018