Bandung  (Antaranews Jabar) - Kandidat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial dan Yana Mulyana akan memperbanyak stasiun sepeda sebagai upaya mengurangi kemacetan di Kota Bandung.

"Bike sharing ini cukup menjanjikan sebagai solusi kemacetan, karena boleh lewat trotoar. Dari aturannya kan pesepeda boleh melintas di atas trotoar. Tentunya ini bisa menjadi transportasi pilihan daripada ikut macet-macetan bersama kendaraan bermotor  di jalan raya," ujar Oded dalam siaran tertulisnya yang diperoleh di Bandung, Sabtu.

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bandung ini telah nyiapkan program yang dinamakan "Sejuta Bro N Sis" atau singkatan dari Sejuta Babarengan Sepeda Sambil Narsis.

Lewat program tersebut, Oded ingin menumbuhkan kembali budaya bersepeda dalam segala aktivitas terutama saat berangkat ke tempat kerja kepada warga Kota Bandung.

"Jadi bersepeda itu harus jadi budaya di Kota Bandung," ujarnya.

Menurut dia, program yang digagasnya akan terintegrasi dengan Bike On The Street Everybody Happy (Boseh) yang sebelumnya sudah ada. Namun, ke depan ia akan semakin mempermudah serta memperbanyak akses bagi sepeda.

Kata dia, saat ini Boseh baru tersedia sekitar 30 stasiun dan rencananya akan ditambah hingga 100 stasiun. Nantinya, stasiun-stasiun ini akan menghubungkan ke permukiman warga, pusat keramaian, pusat perbelanjaan, sekolah dan perkantoran.

Boseh juga akan ditempatkan dengan sejumlah halte bus, angkot dan terminal. Hal ini dilakukan agar stasiun sepeda terintegrasi dengan layanan transportasi umum lainnya.

"Jadi, nanti masyarakat kalau mau menggunakan bis bisa ke halte pakai sepeda Boseh. Sebaliknya, ketika turun dari bis, warga bisa menggunakan Boseh," katanya. 

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018