Bandung (Antaranews Jabar) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari menyesalkan perilaku pengunjung yang memberikan rokok kepada orang utan di Kebun Binatang Bandung.

"Kami sangat menyesalkan perilaku salah seorang pengunjung yang melemparkan rokok ke orang utan di Kebun Binatang Bandung," kata Ineu Purwadewi Sundari, di Kota Bandung, Jumat.

Ia mengatakan seharusnya setiap pengunjung bisa menjaga sikapnya dan mematuhi segala peraturan yang diterapkan pengelola saat berkunjung ke Kebun Binatang yang dikelola Yayasan Margasatwa Tamansari Bandung tersebut.

"Coba cek di setiap kandang satwa yang ada di Kebun Binatang, pasti ada papan pengumungan yang berisi sejumlah aturan dari pengelola. Nah itu harus ditaati oleh semua pengunjung," kata dia.

Dengan menaati seluruh aturan yang diterapkan oleh pengelolaan Kebun Binatang Bandung, lanjut Ineu, maka hal tersebut sama dengan menjaga kelestarian seluruh satwa yang ada di sana.

"Saya harap kasus ini kedepannya tidak terjadi lagi, harus menjadi pelajaran bagi kita semua. Terlebih kasus pengunjung memberi rokok orang utan ini sudah viral di media sosial dan jadi sorotan publik," katanya.

Pengelola Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo) akan melaporkan pengunjung yang memberi rokok secara sengaja ke orang utan kepada jajaran kepolisian.

"Manajemen sudah memutuskan untuk melaporkan pelaku ke Polrestabes," ujar Humas Bandung Zoo Sulhan Safi`i.

Sulhan mengatakan, upaya pelaporan itu diputuskan saat rapat internal pihak pengelola kebun binatang. Mereka menganggap, prilaku pengunjung yang secara sengaja memberikan rokok ke orang utan sudah melanggar aturan kesejahteraan satwa.

Sebelumnya, beredar video berdurasi satu menit yang memperlihatkan seekor orang utan memungut dan mengisap rokok yang dibuang ke dalam kandang secara sengaja oleh seorang pengunjung.

Video tersebut pertama kali diunggah oleh pemerhati satwa, Marison Guciano lewat akun Facebook pribadinya. Marison mengatakan video itu ia dapat dari salah seorang relawannya pada Minggu (4/3).



 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018