Bandung  (Antaranews Jabar) - Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum menyatakan siap mendukung dan melaksanakan rencana pemerintah pusat menerapkan zakat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) muslim sebesar 2,5 persen dari besaran penghasilan setiap bulannya.

"Jika ada peraturan tersebut diharapkan nantinya masyarakat lebih sadar akan kewajiban zakat yang selama ini sulit ditunaikan oleh kebanyakan orang," kata Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum kepada wartawan di Tasikmalaya, Jumat.

Ia menuturkan, pemerintah pusat saat ini sedang merencanakan penerapan aturan tentang zakat bagi ASN muslim sebagai upaya menggenjot zakat guna membantu masyarakat kurang mampu.

Uu berharap ASN di Kabupaten Tasikmalaya, umumnya seluruh muslim di Jawa Barat dapat menunaikan zakat dari penghasilannya secara rutin.

"Harapan kami masyarakat Jawa Barat khususya di Kabupaten Tasikmalaya ada kesadaran tersendiri untuk membayar zakat," kata bakal calon Wakil Gubernur Jawa Barat itu.

Ia menyampaikan potensi ASN Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya cukup besar, bahkan hampir mengimbangi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tasikmalaya sebesar Rp300 miliar per tahun.

Menurut dia, potensi zakat ASN perlu dioptimalkan sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat yang tidak mampu.

"Melihat potensi itu alangkah baiknya kita manfaatkan untuk kepentingan masyarakat yang membutuhkan," kata Uu. 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2018