Antarajabar.com - Anggota DPR  Puti Guntur Soekarno Putri menyatakan, ingin membentuk "Bale Ambu" atau dalam bahasa Indonesia Rumah Ibu di Jawa Barat (Jabar) untuk dijadikan tempat bagi kaum ibu-ibu dan perempuan mencurahkan berbagai permasalahannya hingga menemukan penyelesaiannya.

"Bale Ambu nantinya diharapkan bisa menjadi tempat para ibu dan perempuan mencurahkan permasalahannya, Bale Ambu juga akan memberikan advokasi dan pendampingan," kata Puti dalam acara silaturahmi dan curah gagasan yang diselenggarakan PDI Perjuangan di Kota Bandung, Rabu.

Ia menuturkan, Bale Ambu dapat berperan mengidentifikasi potensi kekerasan dalam rumah tangga, dan persoalan perempuan lainnya.

Puti juga menaruh perhatian kepada budaya Jabar dengan rencana menghidupkan pelestarian budaya melalui sistem komunitas bernama Saung Rama.

Masyarakat Jabar, kata dia, dapat berkumpul dan saling berbagi pengetahuan tentang budaya di dalam wadah tersebut.

"Saung ini diharapkan bisa menjangkau segala usia, sehingga pelestarian semakin kuat," katanya.

Ia menambahkan, Jabar memiliki peran dalam kemerdekaan Indonesia, bahkan Presiden Indonesia pertama Soekarno mendapat inspirasi perlawanan penjajahan dari masyarakat Jabar.

"Maka pembangunan Jawa Barat harus sesuai dengan cita-cita Bung Karno dan berlandaskan Pancasila," katanya.

Sebelumnya, Puti Guntur Soekarno sebagai kader PDI Perjuangan mendaftar menjadi bakal calon Gubernur Jabar pada 6 Juni 2017.

Puti menghadiri acara PDI Perjuangan di Bandung bersama sejumlah tokoh Jabar, atau para bakal calon gubernur dan wakil gubernur.

Para bakal calon tersebut yakni Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar, Ketua DPD Golkar Jabar juga Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Bupati Majalengka Sutrisno.

Selanjutnya mantan Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan, Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Iwa Karniwa, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jabar Abdy Yuhana dan Ketua Kadin Jabar Agung Suryamal.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017