Antarajabar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari menuturkan seluruh fraksi di DPRD Jawa Barat menyampaikan duka mendalam atas musibah banjir bandang di Kabupaten Garut dan longsor di Kabupaten Sumedang.

"Insha Allah, besok pagi rencananya kami akan melakukan kunjungan ke lokasi bencana alam yang terjadi di Sumedang dan Garut," kata Ineu Purwadewi Sundari, di Bandung, Rabu.

Menurutnya, sejumlah anggota dewan dari daerah pemilihannya (Kabupaten Subang dan Sumedang) bahkan sudah turun langsung melihat kondisi para korban bencana alam di dua daerah tersebut.

"Tapi untuk menindak lanjuti laporan tersebut pihaknya nanti berencana akan mengunjungi lokasi bencana itu besok pagi. Kami kan segera turun dan melihat secara langsung situasi dan kondisi terjadi di Sumedang dan Garut," katanya.

Ia mengatakan untuk meringankan beban para korban seluruh anggota DPRD Jabar memberikan sumbangan secara langsung tanpa memandang daerah pemilihannya.

"Bantuan ini adalah sebagai wujud perhatian dan keprihatinan kita sebagai wakil rakyat di Provinsi Jabar yang merupakan inisiatif pribadi masing-masing anggota dewan," kata Ineu.

Politisi perempuan dari Fraksi PDIP DPRD Jawa Barat mengimbau agar masyarakat di sekitar Sungai Cimanuk bisa menjaga kelestarian alam agar bencana serupa tidak terjadi.

"Infonya kan karena luapan Sungai Cimanuk. Jadi untuk mengantisipasi terjadinya bencana serupa perlu ada perbaikan pengelolaan lingkungan yang benar disamping pengelolaan manajemen air sungai Cimanuk sehingga banjir bisa dikendalikan," kata dia. (*)

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Isyati Putri


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016