Antarajabar.com - Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Jawa Barat menyatakan tingkat konsumsi beras penduduk Jawa Barat pada 2015 sebesar 86,7 kg per kapita per tahun atau naik sekitar 0,47 kg dibandingkan pada tahun 2014 yakni sebesar 86,23 per kapita per tahun.
        
"Akan tetapi walaupun konsumsi beras di Jabar naik pada 2015, tapi tingkat konsumsi beras di Indonesia masih lebih tinggi dibanding Jabar," kata Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan, Badan Ketahanan Pangan Daerah Jawa Barat Lilis Irianingsih, disela-sela acara Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi Jawa Barat 2016, di Parkir Utara Gedung Sate Bandung, Selasa.
        
Ia menjelaskan untuk tingkat konsumsi karbohidrat selain padi penduduk Jawa Barat seperti uumbi-umbian pada 2015 Mencapai 10,2 kg per kapita per tahun dan untuk konsumsi pangan hewani adalah sebesar 33 kg per kapita per tahun lalu konsumsi sayur dan buah mencapai 74,4 kg per kapita tahun tahun. 
   
Menurut dia berdasarkan hasil analisis, kualitas konsumsi pangan masyarakat Jabar, masih belum mencapai kondisi ideal karena saat ini kecukupan energi di Jabar masih di dominasi kelompok pangan padi-padian. Yakni, mencapai 70 persen.
        
Padahal, kata Lilis, seharusnya kalau mengacu kepada standar ideal, kontribusi angka kecukupan energi (AKE) untuk kelompok padi-padian sebesar 50 persen dari total AKE.
        
"Jadi konsumsi masyarakat Jabar, masih di dominasi oleh beras. Makanya konsumsi padi-padian masih tinggi," katanya.
        
Ia menuturkan, Pemprov Jabar terus berupaya untuk memperkenalkan karbohidrat non beras pada masyarakat yakni dengan dibuatnya kebijakan "one day no rice" yang masih terus dikampanyekan hingga saat ini.
        
"Gerakan one day no rice itu, kami kampanyekan untuk mengurangi konsumsi beras Tapi agar program one day no rice bisa sukses, Pemprov Jabar juga gencar mensosialisasikan karbohidrat pengganti beras supaya masyarakat bisa akrab dan terbiasa mengonsumsi karbohidrat non beras, dibutuhkan kreativitas," kata dia.
        
Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan membuat Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi yang tahun ini memasuki penyelenggaraan tahun keenam dan pesertanya dari kabupaten/kota harus menyajikan menu lengkap dengan bahan non beras/padi dan non terigu namun berbasis sumber daya lokal.

   

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016