Antarajabar.com -  Ikatan Alumni Mesin (IAM) Institut Teknologi Bandung yang tergabung dalam Mesin Entrepreneur Club (MEC) membentuk modal ventura guna mendukung teknopreneur pemula dalam pembiayaan usahanya.

"Modal ini didapatkan atas kerja sama dengan dua bank nasional, Bank Syariah Mandiri dan Bank Windu Kentjana," kata Sekretaris Jenderal IAM ITB, Rudi Andriyana, Selasa.

Modal ventura tersebut berupa bantuan dukungan keuangan dan manajemen bagi teknopreneur atau pengusaha teknologi pemula yang berpotensi dalam mengembangkan bisnisnya.

Menurutnya, saat ini jumlah pengusaha yang terlalu sedikit membuat upaya untuk menurunkan tingkat pengangguran menjadi terlalu berat. Akhirnya hanya bergantung kepada pemerintah dan pengusaha besar saja.

"Karena itu, IAM-ITB percaya bahwa untuk menjadi bangsa yang maju Indonesia mesti meningkatkan jumlah pengusahanya, khususnya di sektor usaha kecil dan menengah yang bergerak di bidang teknologi dan manufaktur," kata Rudi.    

Dia mengharapkan, dengan adanya MEC modal ventura dapat menjadi fasilitator, tidak hanya bagi anggota IAM-ITB, melainkan juga alumni lainnya yang akan memulai dan atau mengembangkan bisnis.

"Targetnya menumbuhkan teknopreneur baru dan berkembang dalam rangka membangun kemandirian dan meningkatkan daya saing bangsa," katanya.

Selain dukungan finansial, Rudi mengatakan, MEC modal ventura juga akan memberikan dukungan manajemen yang akan dikemas menjadi satu paket dengan paket dukungan finansial yang diberikan.

"Dukungan manajemen ini diperlukan karena kebanyakan start up company di Indonesia terlalu fokus masalah produksi dan teknologi saja dan sangat kurang memperhatikan aspek manajemen keuangan dan pemasaran," katanya menambahkan.

Pewarta: Wanda

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015