Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung mengoptimalisasi pengawasan orang asing di Kabupaten Sumedang, dengan menggelar rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di sana.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung, Babay Baenullah, dalam acara yang mengusung tema Optimalisasi Pengawasan Orang Asing di Wilayah Kabupaten Sumedang, menyinggung bahwa sangat penting kerja sama antarinstansi.

Baca juga: Imigrasi Bandung amankan WNA Nigeria diduga lakukan investasi bodong

"Kerja sama antar instansi ini penting untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tertib di wilayah Sumedang," kata Babay yang juga merupakan Ketua Panitia Timpora dalam keterangan di Bandung, Jumat.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Masjuno, dalam sambutan yang menggugah semangat kolaborasi.

"Kita harus tekankan bahwa sinergi antara berbagai instansi sangat diperlukan untuk menangani keberadaan orang asing secara efektif," ujar Masjuno.

Dalam sesi diskusi dengan para stakeholder terkait, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jabar, Filianto Akbar, membahas peran Timpora dalam pertukaran informasi terkait keberadaan dan aktivitas orang asing.
Ia juga menegaskan bahwa kerja sama yang solid antarinstansi adalah kunci untuk penegakan hukum dan intelijen yang lebih baik.

Dengan terlaksananya rapat Timpora tersebut, diharapkan pengawasan terhadap orang asing di Kabupaten Sumedang semakin optimal, bisa mendukung keamanan, serta memberikan kenyamanan bagi masyarakat setempat.

Baca juga: Imigrasi Bandung gelar operasi Jagratara II fokus di Kabupaten Subang

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024