Pemkot Bandung bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai membangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Gedebage dengan teknologi pengelolaan sampah berbasis Refuse Derived Fuel (RDF) yang ditargetkan konstruksi pada November 2024 mendatang.

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandung, A Koswara mengungkapkan TPST ini dibangun di lahan seluas 1,7 hektare dan mampu mengolah 390 ton sampah per hari dengan teknologi RDF yang akan membantu mengatasi permasalahan sampah di Kota Bandung.

Baca juga: Pemkot Bandung mulai terapkan teknologi pengelolaan sampah RDF di empat TPST

"November ini sudah mulai konstruksi, dan diharapkan selesai maksimal di akhir tahun depan. Nantinya, TPST ini bisa mengolah sampai 390 ton sampah per hari melalui teknologi RDF," kata Koswara di Bandung, Rabu.

Koswara mengatakan TPST ini akan menjadi solusi yang sangat diperlukan, mengingat Kota Bandung sempat mengalami kedaruratan pengelolaan sampah.

"Kalau TPST sekarang itu karena sifatnya masih sementara, kemarin memang situasinya kedaruratan. Dengan cara ini, kita bisa menyelesaikan banyak persoalan sampah," kata dia.

Lebih lanjut, dia menekankan pentingnya mencari teknologi yang dapat memberikan nilai lebih dari sampah agar memanfaatkan nilai dari sampah dapat dikelola lebih baik.

"Kita ingin pola investasi yang lebih baik dan mengurangi biaya seperti tipping fee. Jika kita bisa mendapatkan hasil yang lebih tinggi, maka tipping fee bisa dihilangkan. Itulah yang sedang kita cari, skema yang kuat, serta jaminan pembeli untuk produk hasil olahan sampah," katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung, Dudi Prayudi, menambahkan, saat ini pembangunan TPST sedang dalam tahap proses lelang, dengan rencana konstruksi dimulai pada November dan diharapkan selesai pada Desember 2025.


"Setelah selesai, TPST ini bisa mengolah 390 ton sampah per hari menggunakan teknologi RDF, yang jauh lebih besar skalanya dibandingkan fasilitas yang ada sekarang," kata Dudi.

Dudi mengundang masyarakat yang membutuhkan kompos untuk datang ke fasilitas TPST sementara di Gedebage, yang sudah memproduksi kompos dalam jumlah besar."S

Selain itu, sanggar maggot yang ada di TPST sementara Gedebage saat ini sudah beroperasi dengan kapasitas 20 ton sampah per hari," kata dia.

Dia berharap TPST Gedebage ini akan semakin mampu menangani permasalahan sampah di Kota Bandung dengan lebih efisien dan ramah lingkungan.

 

Baca juga: TPST Babakan Siliwangi dikembangkan jadi wisata pengolahan sampah

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkot Bandung bangun TPST Gedebage dengan teknologi RDF pada November

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024