Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat memastikan 41 puskesmas yang tersebar di 32 kecamatan tetap memberikan pelayanan pada akhir pekan guna memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan medis.

Kepala Dinkes Cianjur dr Yusman Faisal di Cianjur, Sabtu, mengatakan tidak hanya layanan kesehatan di puskesmas yang tetap berjalan pada akhir pekan selama setengah hari, karena sejak beberapa bulan terakhir program kunjungan dokter ke rumah warga juga terus berjalan.

"Program tersebut juga diberikan pada saat akhir pekan, termasuk melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan di desa guna meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di sektor kesehatan," katanya.

Setiap akhir pekan tepatnya hingga Sabtu, tutur dia, puluhan puskesmas di Cianjur tetap memberikan pelayanan kesehatan sejak pukul 08.00 sampai pukul 12.00 WIB, sehingga warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan saat akhir pekan tetap terlayani.

Pelayanan saat akhir pekan itu, ungkap dia, sebagai upaya memudahkan dan mendekatkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan medis tanpa harus jauh-jauh ke rumah sakit terutama yang tinggal di pelosok mulai dari utara hingga selatan.

"Kami akan terus meningkatkan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat, termasuk dengan menambah sepeda motor klinik yang dapat menempuh titik perkampungan yang jauh dari jalan raya guna melakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga," katanya.

Seiring pergantian musim dari panas ke hujan, pihaknya meminta masyarakat di seluruh wilayah Cianjur untuk tetap waspada karena pada pergantian musim dapat menimbulkan berbagai penyakit termasuk penyakit menular.
"Pada saat pergantian musim seringkali berjangkit berbagai macam penyakit termasuk demam berdarah dengue (DBD), sedangkan saat musim kemarau yang harus diwaspadai penyakit infeksi saluran napas akut (ISPA)," katanya.

Dia menjelaskan, timbulnya berbagai macam penyakit pada manusia saat peralihan musim karena tubuh manusia belum dapat beradaptasi secara sempurna sehingga banyak menimbulkan penyakit terutama infeksi yang harus diwaspadai.
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024