Antarajawabarat.com, 23/7 - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan salah satu cara untuk memperat hubungan antara dirinya dengan para bupati dan wali kota se-Jawa Barat ialah dengan menggelar silaturahmi melalui acara halal bihalal Lebaran.

"Tujuan lain dari kegiatan halalbihalal ini adalah agar menyatukan visi dan misi membangun Jabar lebih maju," kata Ahmad Heryawan, disela-sela acara Halal Bihalal Idul Fitri 1436 Hijriah/Lebaran 2015, di Halaman Gedung Sate Bandung, Kamis.

Ia mengatakan, acara halal bihalal tersebut dihadiri oleh hampir semua bupati/wali kota di Jawa Barat.

"Alhamdulillah hadir semua, kalaupun bupati atau wali kotanya tidak hadir, mereka mengutus wakilnya. Halalbihalal ini tradisi yang bagus yang kita pertahankan. Semua pihak bisa salam-salaman," ujar dia.

Menurut dia, acara halal bihalal tahun ini ini sedikit berbeda karena dilakukan ditempat terbuka dan lebih dulu fokus menggambarkan arah pembangunan.

"Setelah acara utama selesai, kemudian kegiatan halalbihalal dilanjutkan dengan acara makan bersama," kata dia.

Acara halal bihalal tersebut, menurut dia, memiliki makna yang sangat dalam terutama untuk mempererat tali silaturahmi kepala daerah dan seluruh pihak terkait dapat menumpahkan rasa kangen sambil saling bermaafan.

"Sebagaiman yang diutarakan Rasulullah, silaturahim akan mendatangkan dua manfaat Pertama memperpanjang umur, kedua adalah menambah rezeki. Kedua hal ini sangat diharapkan manusia," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan acara tersebut juga dapat melembutkan hati seluruh pihak yakni dengan cara ini maka akan lebih mudah membangun semangat kebersamaan.

"Kalau sudah terjalin sebuah kebersamaan, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota akan lebih bersepakat dalam menghadirkan kemajuan bagi masyarakat Jabar," kata dia.

Selain dihadiri oleh para bupati/wali kota se-Jawa Barat, sejumlah tokoh asal Jawa Barat seperti anggota DPR RI Popong Otje Djundjunan, mantan Gubernur Jawa Barat R Nuriana dan Wakil Gubernur Jawa Barat Numan Abdul Hakim juga hadir pada acara tersebut.***2***

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015