Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menanggung biaya tes kesehatan dua bakal pasangan calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Garut yang dilaksanakan di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung dengan alokasi anggaran sebesar Rp77,5 juta.

"Iya betul (dicek kesehatan di Bandung), biaya ditanggung oleh kami (KPU Garut)," kata Ketua KPU Kabupaten Garut Dian Hasanudin saat dihubungi melalui telepon seluler di Garut, Sabtu.

Ia menuturkan, KPU Kabupaten Garut sudah menutup waktu pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati, Kamis (29/8) dan tercatat hanya dua pasangan calon yang daftar, yakni Helmi Budiman-Yudi Nugraha, dan Abdusy Syakur Amin-Putri Karlina.

Setelah daftar ke KPU Kabupaten Garut, kata dia, selanjutnya empat orang dari dua pasangan itu harus menjalani pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, serta narkotika, psikotropika dan bahan adiktif berbahaya (narkoba) di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Minggu (1/9).

"Pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan narkoba," katanya.

Ia menyebutkan rincian biaya untuk pemeriksaan kesehatan bakal calon bupati/wakil bupati itu setiap orangnya untuk laki-laki sebesar Rp19 juta, sedangkan perempuan lebih besar Rp20,5 juta.

"Pria Rp19 (juta), perempuan Rp20,5 juta per orang," katanya.

Ia menyampaikan pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon di RSHS Bandung itu berdasarkan rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Garut yang dinilai lebih lengkap peralatan medisnya.
Hasil pemeriksaan kesehatan bakal calon itu, kata dia, akan menjadi dasar untuk penetapan kedua pasangan tersebut menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Garut dalam pelaksanaan Pilkada Garut pada 27 November 2024.

"Kalau kesimpulan ada di tim dokter, kalau yang diperiksa banyak MCU (medical check up), nanti diumumkan tanggal 5 (September)," kata Dian.

KPU Garut menerima pendaftar bakal pasangan calon bupati-wakil bupati Abdusy Syakur Amin-Luthfianisa Putri Karlina dengan dukungan 11 partai politik yakni PKB, PDIP, Gerindra, Golkar, Nasdem, Buruh, Gelora, PAN, PBB, Ummat, dan Partai Demokrat.

Sedangkan pasangan calon lain yakni Helmi-Yudi didukung empat partai politik yakni PKS, PPP, PSI, dan Perindo. 



 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024