Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat dua pasangan calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Cianjur 2024, akan mendaftarkan diri pada hari, Rabu (28/8) yakni Deden Nasihin-Neneng Efa dan Wahyu-Ramzi.

Ketua KPU Cianjur Muchamad Ridwan di Cianjur Selasa, mengatakan pasangan calon Deden Nasihin-Neneng Efa  diusung Partai Golkar, PKS dan Perindo akan mendaftarkan diri pada Rabu pagi pukul 8.00 WIB.

"Sedangkan pasangan Wahyu-Ramzi yang diusung Partai Nasdem dan Gerindra akan mendaftarkan diri Rabu petang sekitar pukul 14.00 WIB, sehingga dua hari pendaftaran dipastikan tiga pasangan calon mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pilkada 2024," katanya.

Sebelumnya ungkap dia, pasangan petahana Herman Suherman-M Solih alias Ibang, sudah menyerahkan dokumen persyaratan sebagai pasangan calon yang diusung 9 partai politik lengkap dengan B.1-KWK dari partai pengusung PDIP, PKB, Demokrat, PAN, PPP, Gelora, PKN, Garuda, dan PBB.

Meski hanya tiga pasangan calon yang di gadang-gadang sebagai peserta Pilkada Cianjur 2024, namun pihaknya tetap akan membuka pendaftaran sampai tanggal 29 Agustus pukul 23.59 WIB sesuai ketentuan KPU Pusat.

"Kami akan tetap membuka pendaftaran selama tiga hari dari tanggal 27 sampai 29 Agustus, terlepas sudah tiga pasangan calon yang mendaftar dan menyerahkan dokumen," katanya.

Seusai dengan aturan KPU, setelah penerimaan pendaftaran calon dilanjutkan dengan tahapan penelitian persyaratan administrasi, pemberitahuan hasil penelitian, perbaikan dan penyerahan dokumen perbaikan hingga pengumuman penetapan pasangan calon.
"Seluruh tahapan tersebut akan berlangsung sejak awal September hingga penetapan pasangan calon di akhir September, dilanjutkan dengan pengundian nomor peserta Pilkada Cianjur 2024," katanya.

Pihaknya berharap seluruh tahapan dapat berjalan lancar hingga hari H Pilkada Cianjur 2024 yang akan digelar tanggal 27 November secara serentak di seluruh Indonesia sampai dengan pengumuman pemenang Pilkada Cianjur 2024 sekitar bulan Desember 2024.


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024