Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat menyiapkan 2.500 Bendera Merah Putih untuk dibagikan kepada masyarakat agar dipasang serentak guna memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI).

"Target kita sekitar 2.500 bendera kita bagikan kepada masyarakat," kata Kepala Bidang Kesatuan Bangsa pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tasikmalaya Ajat Sudrajat saat dihubungi melalui telepon seluler di Tasikmalaya, Senin.

Baca juga: Kota Tasikmalaya kembali raih Anugerah UHC Award 2024

Ia menuturkan pemerintah pusat mengagendakan program gerakan 10 juta bendera secara nasional, dan untuk tingkat Kota Tasikmalaya menargetkan sebanyak 2.500 bendera untuk dibagikan kepada masyarakat.

Bendera tersebut, kata dia, akan dikumpulkan dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkot Tasikmalaya maupun instansi lainnya untuk menyumbangkan bendera dalam rangka memperingati HUT RI yang saat ini baru terkumpul sebanyak 1.454 bendera.

"Sudah terkumpul 1.454 (bendera) dari OPD Kota Tasikmalaya. Masih ada beberapa OPD yang belum masuk, rencana dan besok kita akan konfirmasi," katanya.

Ia menyampaikan sebagian bendera yang terkumpul sudah dibagikan kepada kelompok masyarakat untuk dipasang di lingkungannya masing-masing.

Namun secara resmi, kata dia, peluncuran gerakan pembagian 10 juta Bendera Merah Putih tingkat Kota Tasikmalaya akan dilakukan 15 Agustus 2024.

"Kita bagikan ke masyarakat, insya Allah akan di-launching pada tanggal 15 Agustus," katanya.
Ia menyampaikan bendera tersebut dibagikan kepada masyarakat yang mengajukan permintaan, ada juga saat kegiatan tertentu, maupun diberikan ke daerah yang dilihat masih membutuhkan pemasangan bendera.

Gerakan 10 juta bendera itu, kata dia, merupakan program yang digelorakan oleh pemerintah pusat untuk menumbuhkan semangat nasional dan kecintaan terhadap negara kesatuan Republik Indonesia di momentum HUT RI.

"Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih adalah merupakan program nasional dalam upaya memupuk nasionalisme dan cinta tanah air," katanya.

Baca juga: Kota Tasikmalaya masifkan pemberantasan sarang nyamuk cegah DBD

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024