Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, menginstruksikan seluruh elemen masyarakat maupun setiap instansi untuk memasifkan pemberantasan sarang nyamuk secara serentak guna mencegah penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Mari kita masifkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk dengan cara 3M Plus, yaitu menguras, menutup, dan mendaur ulang barang-barang bekas yang bisa menjadi sarang nyamuk, serta upaya lain seperti menggunakan obat anti-nyamuk, dan memasang kelambu," kata Penjabat Sekretaris Daerah Pemkot Tasikmalaya Asep Goparullah saat rapat koordinasi penanggulangan DBD di Balai Kota Tasikmalaya, Kamis.

Ia menuturkan kasus DBD yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti merupakan penyakit berbasis lingkungan yang dapat menimbulkan wabah dan berbahaya karena bisa berujung pada kematian bagi penderitanya.

Penyakit itu, kata dia, bisa dikendalikan jika semua elemen masyarakat memiliki kesadaran dan kemauan untuk bersama-sama melakukan langkah pencegahan dengan cara menguras, menutup, dan mendaur ulang barang-barang bekas yang bisa menjadi sarang nyamuk, kemudian menggunakan obat anti-nyamuk.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama RT, RW, Lurah, Camat, dan Kepala Puskesmas untuk segera melakukan upaya pencegahan secara serentak," katanya.

Ia menyampaikan kasus DBD menjadi perhatian serius pemerintah, termasuk di Kota Tasikmalaya sejak Januari sampai Juli 2024 sudah tercatat sebanyak 1.239 kasus DBD tersebar di setiap kecamatan.

Pada Maret hingga Juli 2024, kata dia, kasus DBD di Kota Tasikmalaya menunjukkan peningkatan kasus yang cukup signifikan, sehingga kondisinya berada dalam keadaan waspada yang mengharuskan semua pihak untuk melakukan pencegahan DBD.
"Kondisi ini menuntut kita untuk segera melakukan upaya-upaya pencegahan agar kasus DBD tidak terus meningkat di wilayah masing-masing," katanya.

Ia menyampaikan gerakan pemberantasan sarang nyamuk juga harus dilakukan di lingkungan sekolah, seperti PAUD sampai SMA maupun perguruan tinggi yang dilakukan secara berkelanjutan agar nyamuk penyebab DBD tidak berkembangbiak.

"Marilah kita bersama-sama bersinergi dalam penanggulangan DBD ini. Kerja sama dari seluruh pihak sangat diperlukan agar kita dapat mengendalikan dan menurunkan angka kasus DBD di Kota Tasikmalaya," katanya.

Selain pemberantasan sarang nyamuk, kata Asep, pihaknya juga mengimbau masyarakat yang mengeluhkan sakit dengan tanda-tanda DBD untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat agar bisa cepat mendapatkan penanganan medis.

"Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat, apabila ditemukan gejala yang mengarah kepada DBD, segera periksakan ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan pengobatan dan tindakan yang tepat," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat menyatakan inti dalam rapat koordinasi itu membahas tentang perkembangan kasus DBD yang mengharuskan semua pihak sadar dan harus bergerak bersama melakukan operasi bersih pemberantasan sarang nyamuk secara serentak.

"Harus mengadakan operasi bersih dan PSN secara serentak, gerakan 3M di lingkungan sekolah, perkantoran, dan tempat publik lainnya," katanya.


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024