Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, kembali meraih Anugerah Universal Health Coverage (UHC) Award 2024 dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebagai penghargaan telah berhasil memberikan akses layanan kesehatan secara merata, berkualitas, dan terjangkau bagi seluruh masyarakat.

Penyerahan penghargaan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin yang diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis.

Penghargaan UHC Award 2024 itu diterima langsung oleh Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah yang juga turut hadir perwakilan pejabat pemerintah daerah seperti Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat.

Cheka menyampaikan terima kasih kepada semua jajaran penyelenggara layanan publik organisasi perangkat daerah (OPD) dan seluruh elemen masyarakat Kota Tasikmalaya, sehingga bisa meraih penghargaan UHC Award 2024 yang kedua kalinya.

"Terima kasih untuk semua yang terlibat, baik itu BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya, serta seluruh elemen masyarakat Kota Tasikmalaya atas raihan UHC Award, ini tahun yang kedua," katanya.

Cheka mengatakan UHC Award 2024 merupakan penghargaan sekaligus sebuah pengakuan resmi atas upaya dan keberhasilan suatu daerah atau institusi dalam mencapai cakupan kesehatan universal.

Capaian penghargaan yang kedua kalinya itu, kata dia, merupakan wujud nyata komitmen Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi seluruh masyarakat.
Ia berharap ke depan Kota Tasikmalaya terus menjadi lebih baik, salah satunya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh elemen masyarakat dalam mensukseskan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

"Semoga ke depan Kota Tasikmalaya semakin baik, seluruh warga Kota Tasikmalaya bisa lebih baik kesehatannya," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Uus Supangat menambahkan, penghargaan tersebut menunjukkan bahwa daerah atau institusi telah berhasil memberikan akses layanan kesehatan secara merata, berkualitas, dan terjangkau bagi seluruh warganya.

Ia menjelaskan, semua lapisan masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan, baik untuk pencegahan, pengobatan, maupun rehabilitasi, begitu juga layanan kesehatan yang diberikan memenuhi standar mutu, sehingga mendapatkan pelayanan yang optimal, dan biayanya terjangkau.

Manfaat penghargaan UHC itu, kata dia, sebagai peningkatan reputasi daerah maupun institusi menjadi baik di bidang kesehatan, sehingga dapat menarik minat investor dan wisatawan.

"Alhamdulillah berturut-turut kita dapat UHC Award, berkah dari kerja sama yang baik, dan dukungan seluruh 'stakeholder' dan seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya," katanya.



.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024