Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menebar 60 ribu bibit ikan air tawar jenis Lalawak di aliran Sungai Cianjur dalam rangkaian Hari Jadi Cianjur (HJC) ke-347, sebagai upaya menjaga ekosistem sungai dan kelestarian sumber daya perikanan.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur Sabtu, mengatakan disebar-nya bibit ikan ke sungai merupakan upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan populasi ikan lokal serta menjaga ekosistem di sekitar sungai dengan cara menambah beberapa jenis bibit ikan air tawar.

Baca juga: Cianjur luncurkan program ketahanan pangan dalam rangka HJC

"Selain untuk menambah populasi ikan lokal, penebaran benih ikan bertujuan untuk membangun perekonomian karena penebarannya merupakan langkah budi daya, sehingga menjadi sumber alternatif ketersediaan ikan," katanya.

Sehingga ke depan keberadaan ikan di Sungai Cianjur, dapat menjadi obyek wisata memancing bagi warga lokal dan luar Cianjur, karena jenis ikan yang ditebar sudah disesuaikan dengan ekosistem sungainya agar bibit yang ditebar dapat bertahan hidup.

Masyarakat dapat memanfaatkan dan menangap ikan air tawar yang ditebar dengan bijak, tidak menangkap dengan cara yang ilegal seperti setrum, racun dan lainnya.

"Harapan kami dengan ditebar-nya puluhan ribu bibit ikan ke sungai dapat menjadi mata pencarian baru bagi masyarakat guna meningkatkan perekonomian, serta bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan berikut ekosistemnya," kata Herman.
Tidak hanya menebar bibit ikan dalam rangka HJC ke-347, pemerintah daerah juga memberikan berbagai bantuan termasuk permodalan bagi warga di sejumlah kecamatan guna mensukseskan program ketahanan pangan di Cianjur.

Bantuan yang diberikan pada kelompok tani berupa alat pertanian bermesin, bibit sampai dengan permodalan, termasuk bantuan perahu untuk nelayan guna meningkatkan hasil tangkapan, termasuk bantuan bagi lulusan SMA/SMK yang siap menjadi petani milenial di lingkungan tempat tinggal-nya.

"Program ketahanan pangan minimal untuk tingkat lokal Cianjur, setelah hasilnya melimpah dapat membantu kabupaten/kota di Jabar dan Indonesia dalam memenuhi stok pangan, untuk itu kami akan gulirkan berbagai program," katanya.

Baca juga: Rombongan kuda kosong ramaikan puncak hari jadi Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024