Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meluncurkan sejumlah program ketahanan pangan dalam rangka peringatan Hari Jadi Cianjur ke-347 dengan tema Tanggoh Pangan Nagri Walagri atau Tangguh Pangan, Negeri Makmur yang digelar serentak di sejumlah kecamatan.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Jumat, mengatakan dalam rangka HJC pihaknya terus berupaya memperkuat ketahanan pangan minimal untuk masyarakat Cianjur mulai dari wilayah utara hingga selatan, sehingga dapat menahan laju inflasi.

"Cianjur ini daerah pertanian, sebagian besar masyarakatnya sebagai petani dan hasil pertanian dapat meningkatkan ekonomi bagi Kabupaten Cianjur, sehingga berbagai program ketahanan pangan akan lebih ditingkatkan," katanya.

Seiring dengan HJC pihaknya menargetkan setelah pemenuhan kebutuhan pangan di tingkat lokal, Cianjur dapat menjadi pemasok pangan bagi daerah lainnya termasuk Jabar dan Jabodetabek karena Cianjur masuk dalam aglomerasi Jabodetabekjur.

Karena itu Pemkab Cianjur meluncurkan sejumlah program seperti bantuan modal bagi petani terutama petani milenial dalam upaya meningkatkan produksi, nelayan, pelaku UMKM dan pelaku usaha lainnya untuk mengembangkan produk unggulan.

"Pemkab juga memberikan pendampingan dan pelatihan bagi pelaku usaha baru dan masyarakat umum lainnya untuk memperkuat ketahanan pangan di tingkat Cianjur, sehingga hasilnya melimpah dan dapat menyumbang kebutuhan kota/kabupaten terdekat," katanya.

Tidak hanya bantuan modal tambah dia, guna memperkuat petani dalam meningkatkan hasil produksi pertanian, pihaknya juga memberikan berbagai jenis alat pertanian bermesin mulai dari traktor dan pompa air untuk mengurangi biaya operasional petani.
Pihaknya juga memberikan bantuan perahu untuk kelompok nelayan guna meningkatkan hasil tangkapan dan mengurangi biaya operasional saat menangkap ikan, serta memberikan pelatihan keahlian bagi keluarga nelayan sehingga memiliki penghasilan lain selain melaut.

"Seluruh sektor perekonomian kami genjot agar menghasilkan produksi yang melimpah termasuk peternakan dan perikanan sehingga kebutuhan pangan Cianjur dapat dipenuhi dari dalam, setelah melimpah dapat menyumbang daerah lain," katanya.

 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024