Antarajawabarat.com, 7/12 - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen mengembangkan potensi energi yang ada namun tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dalam memanfaatkannya.

"Energi dan sumber daya mineral menentukan hajat hidup orang banyak, semua sektor pembangunan dan kehidupan melibatkan sumber daya mineral dan energi," kata Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, di Bandung, Rabu.

Ditemui usai Rapat Rencana Kerja di Kantor Dinas ESDM Jabar, Wagub mengatakan Jawa Barat memiliki banyak sumber daya energi dan alam melimpah yang dapat dimanfaatkan untuk keberlangsungan hajat hidup orang banyak.

Menurut dia, dengan luas daratan lebih dari 3,7 juta hektare, maka alam Jawa Barat memiliki hampir semua atau 40 jenis sumber energitambang yang ada di Indonesia.

"Hal ini penting sebagai pendukung semua sektor pembangunan dan kehidupan yang melibatkan sumber daya mineral dan energi," katanya.

Pihaknya juga ingin pemenuhan energi sebagai hak dasar masyarakat harus tetap diperhatikan, terutama bagi masyarakat yang belum terjangkau akan energi, seperti listrik, air bersih (melalui pemanfaatan air tanah) dan lainnya.

"Pemenuhan hak energi masyarakat seperti di perdesaan atau pedalaman harus tetap diperhatikan dan didorong. Ini dapat diupayakan melalui opini yang memadai dan mendukung program-program yang ada", kata Wagub.

Selain itu, dalam rangka memenuhi kebutuhan energi tersebut pemerintah pun terus berupaya dan mendukung dalam pengadaan sumber daya energi yang terbarukan, namun tetap harus berwawasan lingkungan.

Dengan demikian, lanjut dia, dalam mengelola dan mengeksplorasi sumber daya energi dan mineral sebagai pemenuhan hak hidup masyarakat tidak berarti harus merusak lingkungan yang ada.***2***



Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015