Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat menyebutkan nilai ekonomis potensi sektor perikanan air tawar di daerah tersebut cukup besar hingga mencapai ratusan miliar rupiah per bulan atau mencapai triliunan dalam setahun.

"Sektor perikanan air tawar ini melibatkan banyak pelaku usaha, termasuk ribuan petani ikan. Jadi ini potensi sangat besar, dan harus dioptimalkan," kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta, Siti Ida Hamidah, di Purwakarta, Jumat.

Ia menyampaikan bahwa besarnya nilai ekonomis sektor perikanan air tawar diperoleh dari tingginya produksi ikan air tawar di Purwakarta.

Seperti pada tahun 2023, produksi ikan air tawar mencapai 108,475 ribu ton, dihasilkan melalui budidaya ikan air tawar keramba jaring apung di waduk Jatiluhur dan Waduk Cirata, budidaya kolam air deras dan kolam air tenang.

Menurut Ida, dari total produksi 108,475 ribu ton, kapasitas produksi terbesar ikan air tawar terbanyak dihasilkan dari kolam jaring apung Waduk Jatiluhur dan Waduk Cirata yang mencapai 106,155 ribu ton.

 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024