Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan (DPKHP) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar), membentuk tim kesehatan guna melakukan pemeriksaan dan memastikan hewan kurban yang dijual pada Idul Adha 1445 Hijriah/2024 sehat dan layak konsumsi.

Kepala DPKHP Cianjur Aris Haryanto di Cianjur, Selasa, mengatakan tim yang terbentuk akan melaksanakan pemeriksaan kesehatan hewan pada 4-19 Juni 2024 dengan mendatangi peternakan dan pedagang hewan kurban di Cianjur.

Baca juga: Antisipasi antraks, DPKHP Cianjur rutinkan pemeriksaan hewan ternak

"Tim kesehatan hewan dibentuk dan dipimpin langsung Kepala Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang ada di wilayah utara, tengah, dan selatan Cianjur," katanya.

Dia menjelaskan tim yang disebar ke lapangan melaksanakan pemeriksaan dan pengecekan di tempat penjualan hewan dan peternakan yang ada di wilayahnya masing-masing meliputi sapi, kerbau, kambing, dan domba, yang akan disembelih saat Hari Raya Kurban.

Bahkan pihaknya meminta peternak dan pedagang untuk melakukan kordinasi dengan tim atau petugas dari Dinas Peternakan guna memastikan kesehatan hewan yang mereka pelihara atau diperjualbelikan untuk kebutuhan kurban dan lain-lain.
"Petugas dan tim kesehatan akan memberikan surat keterangan sehat untuk peternak dan pedagang ketika hewan yang mereka pelihara sudah menjalani pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan sehat dan layak dikonsumsi," katanya.

Sedangkan untuk masyarakat yang hendak membeli hewan kurban, pihaknya meminta lebih jeli dan waspada terutama memastikan kesehatan hewan yang dibeli bebas penyakit anthrax, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), serta penyakit lato-lato.

"Lebih baik pastikan dulu hewan kurban yang akan dibeli dalam kondisi sehat dan tidak tertular penyakit agar layak konsumsi, pastikan pada penjual sudah mengantongi surat keterangan dari Dinas Peternakan," katanya.

Baca juga: Polres Cianjur ringkus enam pencuri puluhan kambing

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024