Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) menyiapkan obat-obatan untuk jamaah calon haji sebanyak 62 ton yang keseluruhannya didatangkan dari Tanah Air.

"Ada kebutuhan obat yang sifatnya vital, ada esensial dan non esensial. Kalau vital itu ada penambahan sekitar 20 persen, vital misalnya jantung tambah 20 persen, esensial 20 persen, dan vitamin cukup 5 persen," ujar Kepala Seksi Kesehatan KKHI Madinah Muhammad Firdaus di Madinah, Senin.

Firdaus mengatakan pengadaan kebutuhan obat-obatan ini sudah memperhitungkan pola penyakit dan jumlah kebutuhan obat yang diperlukan.

Stok 62 ton itu berasal dari stok tahun 2023, termasuk kebutuhan obat di tahun 2024. Sisanya dilakukan stok opname lagi untuk kebutuhan di 2025.

Menurut dia, penyakit yang paling banyak diderita tahun lalu adalah hipertensi, lalu gangguan dislipidemia, seperti gangguan lemak dan kolesterol, lalu diabetes mellitus.

Di samping itu, di KKHI terdapat fasilitas ruang Unit Gawat Darurat (UGD) yang memiliki 10 tempat tidur, ruang High Care Unit (HCU) dengan kapasitas delapan tempat tidur.

Lalu, ruang rawat inap laki-laki dan perempuan yang masing-masing berkapasitas 18 tempat tidur. KKHI juga menyediakan ruang khusus psikiatri yang memiliki delapan tempat tidur.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KKHI siapkan 62 ton obat untuk jamaah calon haji Indonesia

Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024