Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, berhasil melakukan imunisasi ribuan balita yang tersebar di 17 kecamatan sekitar Purwakarta pada momentum Sepekan Mengejar Imunisasi (Penari).

"Balita yang menjadi target imunisasi adalah anak-anak usia 0-24 bulan. Imunisasi kita gelar di 20 Puskesmas dan Posyandu di seluruh wilayah Purwakarta," kata Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta, Deni Darmawan di Purwakarta, Jumat.

Ia menyampaikan, sesuai dengan data Dinas Kesehatan Purwakarta, sebanyak 1.393 balita berhasil diimunisasi atau mencapai 91,9 persen dari dari total target sebanyak 1.515 balita di Purwakarta.   

Dalam menyukseskan pekan imunisasi massal tersebut, kata dia, terdapat 80 tenaga medis, dokter, perawat dan bidan desa yang diterjunkan untuk menjaring dan melayani imunisasi.

"Kita juga mendapatkan bantuan personil kecamatan, kelurahan dan desa, serta aparat TNI-Polri. Sinergi semua personel dari berbagai institusi itu mampu mengejar target maksimal dalam menjaring peserta imunisasi," katanya.

Ia menjelaskan, pemberian imunisasi tersebut di antaranya bertujuan untuk mencegah anak dari berbagai penyakit yang terkelompok dalam Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I), yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

"PD3I hanya bisa dicegah melalui imunisasi sejak dini untuk mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus diantaranya cacar, campak-rubela, pertusis (batuk 100 hari), difteri, tetanus neonatorum, dan penyakit polio," kata Deni.

 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024