Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon, Jawa Barat, mencatat sebanyak 50.749 turis berkunjung ke sejumlah destinasi wisata yang ada di kotanya saat periode libur Lebaran pada 11-15 April 2024.
 
“Jumlah itu jauh lebih tinggi dari realisasi kunjungan wisatawan di tahun 2023 pada periode sama, yang tercatat 31.395 turis,” kata Kepala Disbudpar Kota Cirebon Agus Sukmanjaya saat dikonfirmasi di Cirebon, Selasa.

Baca juga: Pemkot tambah destinasi agar turis menetap lebih lama di Cirebon
 
Ia menjelaskan dari hasil pendataan, lokasi yang paling banyak disinggahi pelancong selama libur Lebaran itu adalah Wisata Bahari Kejawanan dengan jumlah kunjungan mencapai 40.228 turis.
 
Kemudian disusul Cirebon Waterland yang dipadati sebanyak 3.562 wisatawan, serta Keraton Kasepuhan dengan total kedatangan turis untuk berlibur sekitar 3.126 orang.
 
“Destinasi lainnya yang cukup ramai dituju oleh wisatawan yakni Goa Sunyaragi tercatat ada 2.591 turis dan Keraton Kacirebonan jumlah kunjungannya sekitar 1.242 turis,” ujar dia.
 
Agus mengatakan puncak kedatangan wisatawan yang pergi berlibur ke Kota Cirebon terjadi pada H+1 Lebaran atau Kamis (11/4), yakni sebanyak 12.893 turis.
 
Setelahnya, kata dia, para wisatawan yang berasal dari luar daerah itu terpantau selalu menyambangi lima destinasi di Kota Cirebon untuk berekreasi bersama keluarga maupun melakukan aktivitas wisata lainnya.
 
Menurut dia, meningkatnya kunjungan pelancong selama libur Lebaran kali ini menandakan kalau Kota Cirebon masih menjadi salah satu daerah tujuan pariwisata di Jawa Barat.
 
Selain itu, Agus menyebut pembenahan tata kelola destinasi dan promosi yang masif turut membantu menarik minat turis lokal untuk berwisata di Kota Cirebon.
 
“Ini menjadi modal besar bagi kami, agar wisatawan tidak hanya datang sekali. Namun bisa sesering mungkin berwisata di Kota Cirebon,” ucap dia.

Baca juga: Kota Cirebon targetkan 4 juta turis datang berwisata pada 2024

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024