Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyebutkan bahwa ratusan hektare areal persawahan mulai memasuki masa panen raya musim tanam rendeng tahap pertama tahun ini.

"Alhamdulillah, sekarang di Purwakarta sudah mulai panen musim rendeng," kata Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan, di Purwakarta, Kamis.

Ia menyampaikan, tanaman padi yang dipanen kali ini adalah hasil dari penanaman yang dilakukan pada Desember 2023 yang masuk dalam program percepatan masa tanam.

"Jadi setelah tiga bulan, kita bisa melaksanakan panen tahap pertama. Ini merupakan bagian dari upaya kita dalam melakukan percepatan tanam pada Desember 2023 lalu," kata Benni.

Panen raya musim rendeng ini yang luasnya mencapai sekitar 800 hektare di antaranya berlangsung di lima desa sekitar Kecamatan Plered, yakni Desa Citeko, Gandasoli, Gandamekar, Rawasari dan Desa Sindangsari.

Menurutnya, panen ini juga untuk memastikan ketersediaan stok pangan beras terutama untuk di Kabupaten Purwakarta. Selain itu juga diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi daerah-daerah lain.

 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024